Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Manusia Tak Kuasa Memadamkannya, Inilah Api Abadi di Dunia! Indonesia Ada Juga

2 min read
Manusia Tak Kuasa Memadamkannya, Inilah Api Abadi di Dunia! Indonesia Ada Juga
Sharing is Caring

Api abadi memang jadi fenomena unik yang selalu membuat penasaran. Tak heran lokasinya banyak yang jadi tujuan wisata.

Beda dengan api biasa yang bisa padam, api abadi tidak ada yang bisa memastikan kapan atau apakah bisa padam karena selalu menyala dan manusia tak kuasa memadamkannya.

1. Baba Gurgur di Irak

Api yang menyala di Baba Gur ini berasal dari gas alam. Kemudian merembes di sela bebatuan dan hingga kini masih menyala. Pertama kali ditemukan pada tahun 1927 di sebuah ladang minyak.

2. Chestnut Ridge Park di Amerika Serikat

Api abadi ini termasuk sangat unik dan memberi kita pelajaran bahwa kreasi Tuhan terhadap alam terkadang tak bisa dicerna akal manusia. Api ini justru berlokasi di balik air terjun. Semacam kontradiksi api-air. Tapi uniknya, api ini tidak pernah padam.

Baca juga  Corona Jangkiti 2 Warga Jabar, 108 Pekerja Asing Dicekal Sementara

3. Yanar Dag di Azerbaijan

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Yanar Dag berarti ‘gunung terbakar’. Tak jelas kapan api di gunung ini mulai menyala. Tapi api ini sudah ada dalam dokumentasi perjalanan Alexandre Dumas dan Marco Polo.

4. Tambang Batubara Jharia di India

Kemunculan api abadi di tambang ini mirip kasus lumpur Lapindo. Akibat ulah manusia. Pada tahun 1970, India ingin menerapkan penambangan terbuka. Padahal berisiko karena paparan batu bara dengan oksigen bisa membuat terbakar.

Benar saja, batu bara di tambang tersebut terbakar. Dan terus menjalar ke 70 area tambang batu bara yang lain. Saat ini, batu bara yang terus terbakar tersebut jadi salah satu penyumbang polusi udara di dunia.

Baca juga  Gara-Gara Salah Mengumumkan Hasil Ujian, 23 Siswa Bunuh Diri

5. Mrapen di Jawa Tengah

Indonesia pun memiliki api abadi. Lokasinya di kabupaten Grobongan, Jawa Tengah. Mrapen ini terkenal karena apinya digunakan untuk menyalakan obor Asian Games 2018.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.