Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Bukan Pertama, Indonesia Ternyata Punya Mobil Nasional Selain Esemka

1 min read
Sharing is Caring

Meski harus melewati perjalanan yang cukup berliku. Bahkan memakan waktu bertahun-tahun, akhirnya perjuangan mobil satu ini tidak sia-sia. Karena penantian selama itu sudah berbuah hasil dengan telah di pasarkannya bahkan dua mobil sekaligus.

Hal ini tentunya tak lepas dari peran Pak Jokowi awal mula dulu. Dimana Pak Jokowi dengan serius memperkenalkan mobil ini untuk menjadi mobil nasional. Kali ini Indonesia akhirnya punya mobil nasional sendiri yaitu Esemka.

Tetapi hal ini ternyata bukan pertama kali Indonesia memiliki mobil Nasional. Terbukti dengan terdahulu-dahulunya telah lahir juga mobil nasional, sebelum Esemka.

Seperti dilansir dari oto.detik.com (09/06/19) ada 17 calon mobil nasional yang pernah dibangun anak-anak bangsa. Namun yang diproduksi massal, justru bisa dihitung jari. Bukan rahasia lagi kalau pasar otomotif Indonesia justru didominasi merek-merek Jepang. Tercatat ada Toyota, Daihatsu, Honda, dan sederet merek lain yang sudah puluhan tahun berkecimpung di pasar otomotif Indonesia. 

Baca juga  Anting Bling-Bling Bikin Penampilanmu Makin Bening 16 Aug. 2019 06:02

Kembali ke mobil nasional, kiprah anak bangsa dalam menciptakan mobil merek lokal sudah dimulai sejak 1993 silam dimana mobil-mobil seperti Maleo lahir. 

Proyek Maleo dimulai ketika pemerintah harus memiliki mobil nasional yang khas nusantara. Saat itu IPTN pun ditunjuk untuk mewujudkannya.

Bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia IPTN, mobil yang dibidani oleh Menristek BJ Habibie ini sukses membuat 11 rancangan mobil sampai tahun 1997. Namun sayangnya, proyek ini terbengkalai saat reformasi tiba

(Visited 13 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.