Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Banjir Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Setelah Tsunami

3 min read
Sharing is Caring

Saat ini marak bencana banjir yang sedang terjadi terutama di negara kita khususnya di daerah jabodetabek, lebak banten. tapi selain itu apakah kalian tahu di negara lain juga pernah terjadi banjir yang dasyat, bukan di daerah kita saja yang terkena bencana banjir ….

1. China (1931) – Banjir Sungai Yangtze

,Di China pernah terjadi bencana alam paling mengerikan pada tahun 1931.dan tercatat sebagai bencana alam paling mengerikan dalam sejarah. Sungai Yangtze meluap dengan sangat besar dan menghanyutkan banyak penduduk di sekitarnya. Diperkirakan sekitar 4 juta orang meninggal dunia karena terbawa arus sungai. Hal ini terjadi karena adanya badai dan topan yang akan menerjang kawasan cina yang menyebabkan Sungai Yangtze meluap dan menewaskan jutaan nyawa. sungguh Mengerikan!

2. Venezuela (1999) – Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi

Disebelah utara venezuela mengalami hujan yang sangat deras selama berhari-hari. hal ini mengakibatkan banyak sekali sungai yang meluap, Belum lagi gelombang laut yang tinggi. Bencana ini menjadi mengerikan setelah banyak sekali orang orang yang tak bisa menyelamatkan diri karena terisolasi. terjadi pada pertengan bulan desember 1999. Sekitar puluhan ribu orang meninggal dunia dan beberapa orang hilang hingga tak bisa ditemukan. Akibat banjir ini wilayah kota di Venezuela bagian utara mengalami kerusakan yang sangat parah. Banyak bangunan tinggi yang akhirnya ambruk dan rata dengan tanah. Kerugian diperkirakan mencapai 3,5 miliar dolar.

Baca juga  Ditemukan 'Iphone' Dalam Makam Berusia 2.137 Tahun

3. Thailand (2011) – Banjir Karena Topan

Sekitar tahun 2011, salah satu negara di kawasan Semenanjung Malaka yaitu Thailand mengalami Musim muson yang biasanya hujan ringan, berbeda dengan kali ini hujan turun dengan sangat deras di sertai badai yang begitu besar. mengakibatkan gelombang pantai menjadi besar, dan sungai-sungai mulai meluap membuat jutaan orang harus mengungsi.sekitar 2,3 juta orang harus meninggalkan rumahnya. Sedangkan untuk korban meninggal ada sekitar730 orang. Tak berhenti di sini saja, jutaan hektar sawah siap panen juga lenyap seketika. Kerugian diperkirakan mencapai 1.440 miliar bath. Usai banjir Thailand langsung menghadapi krisis ekonomi meski segera bisa diatasi.

4. India (2013) – Banjir di Uttarakhand

Baca juga  Imbas Hujan Deras Semalam, Istana Kepresidenan Ikut Diterjang Banjir

Pada tahun 2013 lalu, negara bagian Uttarakhand, India mengalami hujan yang sangat lebat. Bahkan intensitasnya mencapai 4 kali lipat dari hujan muson biasa. Hal ini mengakibatkan glacier Chorabari yang ada di gunung meleleh. Di tambah arus sungai yang terus naik. mengakibatkan banjir tidak dapat dihindari.

Sekitar 5.700 orang meninggal dunia. Sebagian besar korban mengalami tenggelam karena terseret arus yang sangat deras. Puluhan ribu orang terjebak di lembah-lembah karena akses jembatan banyak yang terputus. dan warga yang selamat dari banjir, harus rela mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau tidur dirumah yang nyaris terendam dengan air. betapa mengerikan nya bencana banjir ini!

Baca juga  Pendiri Agung Sejagat dan Sunda Empire Dibui, Pengamat: Jangan Main-main dengan Sejarah!

5. Jepang (2015) – Badai Etau yang Datang Dengan Hujan Lebat

Pada tahun 2005 Jepang sedang mengalami darurat banjir. Kota di sebelah utara Tokyo yaitu kota Joso dilanda banjir bandang yang sangat mengerikan. Banjir yang terjadi menyebabkan banyak rumah rusak. Arus air yang kuat bahkan bisa menarik rumah dan meratakannya dengan tanah. usaha pemerintah jepang melakukan evakuasi kepada warganya. Mereka dikirim ke kota-kota terdekat untuk segera mendapatkan perawatan medis. ! Diperkirakan ada sekitar 400.000 orang yang dievakuasi ke daerah yang lebih aman. Pihak pemerintah Jepang telah mengirim puluhan helikopter untuk mengangkut warga yang selamat, mereka cuma bisa pasrah diam di atap rumah menunggu bantuan datang.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.