Tue. Aug 11th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

10 Momen Tak Terlupakan Di Dunia Sepakbola Dalam Satu Dekade Terakhir

3 min read

Treble Winner Barcelona

Sharing is Caring

Dalam sepuluh tahun terakhir telah banyak peristiwa tak terlupakan dalam dunia sepakbola terutama momen ketika sebuah tim merasakan gelar juara ataupun yang lainnya. Dalam sepuluh tahun terakhir pula berbagai rekor terpecahkan dalam dunia sepakbola. Nah, yang akan dibahas secara singkat berikut ini adalah sepuluh momen paling bersejarah atau paling bersejarah dalam dunia sepakbola dan berikut ulasan singkatnya.

1. 2009: Treble Winner Barcelona

Selain Cristiano Ronaldo yang memecahkan rekor pemain termahal setelah kepindahannya dari Manchester United ke Real Madrid. Di tahun tersebut juga terjadi sejarah di mana Barcelona berhasil memenangkan treble winner untuk pertama kalinya. Di bawah asuhan Pep Guardiola, Barca berhasil menjuarai La Liga, Copa Del Rey dan Liga Champions. Di Liga Champions Messi dkk menaklukan sang juara bertahan, MU di partai final. Hal tersebut menjadikan Barcelona menjadi tim Spanyol pertama yang mencetak treble.

2. 2010: Spanyol Juara Piala Dunia

Afrika Selatan menjadi tempat dilangsungkannya Piala Dunia 2010, cukup banyak kejutan terjadi saat itu. Spanyol keluar sebagai juara usai menaklukan Belanda di final dengan skor 1-0. Padahal di pertandingan pertama Spanyol sempat kalah. Spanyol yang saat itu dilatih oleh Vicente Del Bosque mengangkat trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Baca juga  Dapat Bocoran dari Wartawan Prancis, Ballon d'Or 2019 Bakal Dimenangi Lionel Messi

3. 2011: Barcelona Juara Di Wembley

Pertemuan Manchester United vs Barcelona di final Liga Champions kembali terjadi. Manchester United sebenarnya punya keuntungan tersendiri karena bermain di negeri sendiri alias di Stadion Wembley. Namun dalam laga itu Barcelona kembali mampu mengatasi perlawanan MU dengan skor 3-1 dan itu merupakan gelar Liga Champions yang keempat untuk Blaugrana.

4. 2012: Spanyol Ciptakan Hattrick Juara

Spanyol berhasil menjuarai Piala Eropa 2008 dan selang tahun kemudian mereka memenangkan Piala Dunia. Pada 2012, Iker Casillas kembali mempertahankan trofi Piala Eropa setelah mengalahkan Italia di laga puncak. Spanyol melakukan hatrcick juara sehingga banyak orang berpendapat jika sepakbola Spanyol tengah mengalami kejayaan.

5. 2013: All German Final di UCL

Sejarah tercipta di Liga Champions di mana terjadi final sesama wakil Jerman di Liga Champions 2012/13. Bertempat di Stadion Wembley, Bayern Munchen yang diarsiteki Jupp Heynckes mampu mengalahkan Borussia Dortmund yang dilatih oleh Jurgen Klopp dengan skor 2-1. Gelar tersebut merupakan gelar kelima bagi Munchen.

Baca juga  Kirsikka Laurikko Suster Cantik Dibalik Keganasan Teemu Pukki

6. 2014: Jerman Taklukan Argentina

Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil berlangsung seru dan tercipta berbagai momen tak terlupakan. Jerman mencukur 7-1 tuan rumah di semifinal dan di laga puncak Lionel Messi masih belum mampu untuk mengantarkan negaranya juara dunia. Lewat gol tunggal Mario Goetze di babak injury time, Jerman berhasil angkat trofi Piala Dunia dan menjadi gelar keempat sekaligus gelar pertama pasca penyatuan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

7. 2015: Barcelona dan Messi

Messi berhasil membawa kembali Barcelona berjaya di Liga Champions dan bahkan kembali meraih treble winner di bawah asuhan Luis Enrique. Namun di level Timnas Messi masih belum berhasil juara. Di Copa America, Argentina hanya menempati posisi runner up setelah kalah dari Chile di partai final lewat drama adu penalti.

8. 2016: Ronaldo dan Messi di Pentas Timnas

Persaingan Ronaldo dan Messi berlanjut di level timnas pada 2016 walaupun tidak saling bertemu. Ronaldo berhasil membawa Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan tuan rumah Perancis di final dan merupakan gelar pertama bagi Portugal. Sementara itu Messi bersama Argentina dalam gelaran Copa America Centenario 2016 lagi-lagi kalah oleh Chile di partai final.

Baca juga  5 Pemain yang Pernah Membela Negara Lain

9. 2017: Juventus vs Madrid

Pada UCL 2016/17 Real Madrid kembali melaju ke final. Sementara itu Juventus berhasil menembus ke final Untuk kesembilan kalinya dalam sejarah kiprah mereka di UCL. Namun Madrid nampaknya masih terlalu kuat bagi Juventus. Los Blancos berhasil memenangkan gelar keduabelas mereka.

10. 2018: Perancis Berjaya di Rusia

Piala Dunia 2018 juga berlangsung cukup seru dengan berbagai sejarah tercipta. Inggris lolos hingga ke semifinal, Belgia yang mampu tampil mengejutkan. Messi dan Ronaldo yang gagal juara, hingga penggunaan VAR untuk pertama kalinya. Namun yang paling menjadi momen puncak adalah Perancis vs Kroasia di laga puncak. Luka Modric dkk harus takluk 4-2 dari Perancis. Alhasil itu merupakan trofi Piala dunia kedua bagi Perancis.

Sementara itu selain sepuluh di atas, pada 2019 momen yang paling berkesan dalam sepakbola adalah keluarnya Liverpool sebagai juara UCL dan lolosnya ketiga wakil Inggris hingga semifinal.

(Visited 72 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.