Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Aneka Buah Langka Asli Indonesia yang Hampir Punah, Sudah Coba yang Mana?

1 min read
Buah Langka Asli Indonesia

Buah Langka Asli Indonesia

Sharing is Caring

Indonesia dengan kesuburan tanahnya jadi negara yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Banyak jenis flora yang tumbuh di Indonesia. Diantaranya buah-buahan.

Dilansir dari phinemo.com (26/09/19), di bawah ini beberapa jenis buah asli Indonesia yang sudah susah ditemui dan bisa dibilang hampir punah.

1. Kecapi (Sandoricum koetjape)

Jika anak 90-an dulu masih ngalamin metik kecapi karena pohon ini banyak sekali ditemui di kebun-kebun kosong, beda lagi sekarang. Bahkan di pasar tradisional, buah kecapi udah jarang. Yang khas dari buah kecapi adalah untuk membukanya kudu dijepit di pintu.

2. Menteng (Baccaurea sp.)

Bentuknya mirip duku, tapi menteng rasanya asam dibanding duku. Dulu menteng biasa ditanam di pekarangan rumah. Namun karena saat ini harga tanah mahal dan orang punya lahan terbatas, sudah jarang ditemukan buah menteng.

Baca juga  10 Foto Nyeleneh Ini Bisa Bikin Siapa pun Tepuk Jidat

3. Kemang (Mangifera kemanga)

Buah ini mirip dengan mangga karena itu kerap dijuluki white manggo atau mangga putih. Baunya pun harum dan rasanya asam manis.

4. Gandaria (Bouea macrophylla)

Bauh ini rasanya asam manis. Biasa dibuat rujak atau sambal. Paling pas makan gandaria kalau lagi ngumpul bareng teman. Seru jadinya.

5. Jambu Mawar (Syzigium jambos)

Jambu ini sering juga disebut jambu keraton. Dinamakan jambu mawar karena bentuknya jambu tapi berbau harum seperti bunga mawar.

Nah dari kelima buah langka diatas, kamu sudah pernah mencoba yang mana saja?

(Visited 120 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.