Thu. Jan 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Sempat Terkatung-katung, Nasib Izin Perpanjangan FPI Akhirnya Diputuskan

1 min read
Izin Perpanjangan FPI

Izin Perpanjangan FPI

Sharing is Caring

Ijin organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) sempat mengalami ketidakjelasan pasca habis masa ijinnya pada 20 Juni 2019. Kemendagri sempat menahan ijin FPI karena alasan-alasan tertentu.

Sebagian masyarakat menghendaki FPI tidak diperpanjang ijinnya karena dianggap menjadi organisasi yang kerap bikin resah, meskipun di sisi lain FPI juga kerap terjun ke masyarakat dalam keadaan bencana.

Setelah mengalami nasib yang tidak pasti, pemerintah akhirnya memutuskan nasib organisasi yang dipimpin Sobri Lubis tersebut. Berdasarkan rapat dan pembahasan yang diadakan tiga kementrian, yaitu Kemenkopolhukam, Kemendagri, dan Kemenag, FPI akhirnya diijinkan untuk melanjutkan organisasinya.

“Sesudah kita diskusikan bersama-sama kesimpulannya begini, setiap warga negara itu punya hak untuk berkumpul dan berserikat dan FPI itu punya hak untuk berkumpul berserikat menyatakan pendapat, bersatu untuk menggalang kesamaan aspirasi,” ujar Mahfud MD seperti dilansir dari detik.com (27/11/2019).

Baca juga  Respon Muhammadiyah Perihal NKRI Syariah

Meskipun demikian, Kemenag masih akan meneliti beberapa hal terkait organisasi ini.

“Lalu disimpulkan FPI sudah mengajukan permohonan untuk perpanjangan surat keterangan terdaftar dan ternyata masih ada hal-hal yang perlu didalami dan Menteri Agama nanti akan mendalaminya dan melakukan pembahasan yang lebih dalam lagi,” lanjut Mahfud.

Intinya dalam waktu yang tak terlalu lama, ijin tersebut akan dikeluarkan atau diperpanjang.

(Visited 33 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.