Fri. Oct 30th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ilmuwan Ini Klaim Lihat Serangga di Mars, Begini Tanggapan NASA!

2 min read
Serangga di Mars

Serangga di Mars

Sharing is Caring

Misteri kehidupan di luar angkasa memang menyisakan berbagai pertanyaan yang belum terjawab oleh ilmu pengetahuan. Misalnya mengenai aktivitas serta makhluk hidup di planet lain.

Seperti yang terjadi belum lama ini para ilmuwan berdebat perihal ada tidaknya serangga yang hidup di planet Mars. Dilansir laman CNN Indonesia, perdebatan itu bermula ketika William Romoser, seorang ahli Entomologi dari Universitas Ohio mengklaim telah melihat bukti makhluk mirip serangga yang hidup di permukaan Mars.

Romoser menunjukkan klaimnya melalui sejumlah foto buram yang diperolehnya dari penemu Mars. Ia mempresentasikan temuannya tersebut dalam pertemuan tahunan Entomological Society of America di St. Louis beberapa hari lalu. Romoser tak ragu menyatakan bahwa serangga itu ada dan masih hidup di Mars.

Baca juga  3 Misteri Penciptaan Mesin Waktu, Detailnya Niat Banget

Namun demikian ilmuwan lain menyanggah penelitian Romoser. Profesor Biologi di Oregon State University David Maddison mengungkapkan bahwa Romoser bisa saja keliru dan mengalami fenomena pareidolia. Pareidolia sendiri merupakan istilah ilmiah terhadap fenomena ketika melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada.

“Saya secara pribadi memiliki pareidolia dengan serangga, khususnya kumbang. Saya sudah bekerja selama beberapa dekade dan mengumpulkan ribuan kumbang di seluruh dunia,” kata Maddison seperti dikutip laman CNN Indonesia (24/11/2019).

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) juga mengemukakan pendapat serupa. Mereka membantah kemungkinan ada serangga di Mars. Menurut NASA hingga saat ini pihaknya tidak memiliki data ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Baca juga  Misteri dan Fakta Game GTA San Andreas yang Jarang Diketahui Playernya

Lebih lanjut otoritas NASA menyatakan bahwa tidak ada cukup oksigen untuk menopang metabolisme metazoa di Mars. Meski demikian hal itu juga tak berarti tidak ada makhluk hidup lain di luar angkasa.

Seorang Jubir NASA mengatakan bahwa badan tersebut masih melakukan eksplorasi tata surya dan aktivitas luar angkasa. Hal tersebut dilakukan untuk membantu menjawab pertanyaan mendasar tentang apakah manusia sendirian di alam semesta ini atau tidak.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.