Sun. Sep 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Contoh Etika di Jepang yang Bisa Bikin Kamu Batal Pergi Kesana

2 min read
Etika di Jepang

Etika di Jepang

Sharing is Caring

Banyak orang memiliki impian bisa pergi ke Jepang karena keindahan alamnya dan pesona budayanya. Belum lagi berbagai inovasi teknologi yang sering bikin warga dunia terpana saking uniknya.

Jepang juga terkenal dengan negara yang menjunjung tinggi sopan santun. Tapi tahu gak sih, saking memperhatikan etika, kamu bisa dibuat gila dan batal deh pengen pergi kesana.

Melansir brightside.me (08/11/17), berikut ini etiket di Jepang yang harus kamu perhatikan baik-baik kalau pengen pergi kesana.

1. Bertukar kartu nama

Saling bertukar kartu nama gak bisa sembarangan. Ini yang harus kamu perhatikan.

  • Jangan kebalik, saat memberikan kartu nama, penerima kartu nama harus melihat bagian depan kartu namamu.
  • Berikan dengan kedua tangan.
  • Kalau kamu ingin berikan kartu nama pada seseorang yang jabatannya lebih tinggi dari kamu, saat memberikan pastikan posisi tangan kamu lebih rendah dari posisi tangannya.
  • Saat diberi kartu nama, jangan langsung masukkan tempat kartu nama. Tapi perhatikan dulu kartu namanya selama beberapa detik. Hal itu menandakan bahwa kamu memang perhatian.
  • Jangan lupa membungkuk setelah menerima kartu nama.
Baca juga  Fakta-Fakta Unik Seputar Judi di Seluruh Dunia Yang Perlu Kamu Tahu !

2. Naik lift

Naik lift pun ada aturan tak tertulisnya. Kalau kamu turis, mending jangan masuk lift yang paling pertama. Bisa ribet.

Orang yang pertama kali masuk lift, berarti dia adalah ‘kepten’ dan harus diri di posisi dekat tombol lift. Ia harus menahan pintu lift sampai semua orang masuk. Dan dia harus yang jadi paling terakhir keluar. Ribet kan.

3. Saat naik kereta bawah tanah

Saat naik kereta bawah tanah, tidak boleh ngobrol meski ditelepon. Dan gak boleh ngeliatin orang. Hal itu dipandang kasar.

Disana juga tidak terbiasa memberikan kursi pada orang lanjut usia karena untuk ibu hamil atau lanjut usia sudah ada kursi khusus yang sangat dilarang ditempati oleh mereka yang masih sehat bugar.

Baca juga  Inilah 5 Penyebab Mata Merah yang Harus Diperhatikan

4. Menyentuh

Jangan sok kenal sok dekat saat ke Jepang. Disana menatap apalagi sampai menyentuh seseorang gak boleh sembarangan. Bisa dianggap kasar dan gak sopan.

Mereka negara dengan luas wilayah yang tidak begitu luas karena itu mereka benar-benar memperhatikan area personal satu sama lain.

5. Uang

Entah apa penyebabnya, tapi orang Jepang malu memperlihatkan uang di tempat umum. Itulah sebabnya amplop dengan berbagai ornamen sangat banyak disana. Jika ingin memberikan uang, jangan langsung berikan gitu aja, tapi harus disimpan dalam amplop dulu.

Tentunya bagi turis yang ke supermarket hal ini gak perlu. Gak harus sampai menyiapkan amplop. Tapi kasirnya umumnya gak akan menyentuh uang itu. Mereka akan sediakan semacam nampan yang memang khusus diperuntukkan menaruh uang.

Baca juga  Gugup dan Canggung di Malam Pertama Lakukan 5 Tips Sederhana ini Agar Sesi Terasa Nikmat
(Visited 46 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.