Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Unik Tentang Finlandia, Negara Debutan di Euro 2020

3 min read

Finlandia

Sharing is Caring

Sejarah baru tercipta pada gelaran laga kualifikasi Euro 2020 yang digelar di Sonera Stadium, markas Finlandia, 16 November 2019 lalu. Kemenangan akan sangat berarti bagi Finlandia untuk mengukir sejarah yang tak akan lekang oleh waktu.

Di atas kertas, Finlandia sudah sangat diunggulkan atas tamunya yang menempati ranking 181 FIFA. Benar saja, Finlandia menang 3-0 via gol Jasse Tuominen (21′) dan dua gol Teemu Pukki (64′ penalti dan 75′). Tiga poin sudah memastikan satu tempat bagi Finlandia di Euro 2020.

Peluit pertandingan berakhir dan Finlandia lolos ke Euro 2020 untuk kali pertama dalam sejarah. Warga, fans, pemain-pemain, dan staf kepelatihan Finlandia larut dalam selebrasi, entah itu sesaat setelah laga berakhir atau di jalanan Finlandia.

Euro 2020 akan menjadi debut bagi negara berjuluk Huuhkajat (Elang Burung Hantu). Bagi Anda yang belum mengetahuinya, simak ulasannya dibawah ini:

Baca juga  Jerman 4-0 Belarusia, Irlandia Utara 0-0 Belanda, Inilah Klasemen Kualifikasi Euro 2020

1. Akhir Penantian Panjang

Finlandia belum pernah bermain di turnamen besar, Piala Dunia atau Euro. Pada 1937 mereka memulai Kualifikasi Piala Dunia untuk kali pertama dan saat itu mereka kalah di tiga laga melawan Swedia, Jerman, dan Estonia.

Penantian itu berakhir. Lolos kualifikasi pada 2019, Finlandia akan menjadi tim debutan pada Euro 2020.

Pada percobaan ke-31 mengikuti kualifikasi, Finlandia berhasil lolos dan skuat timnas Finlandia saat ini berhasil melakukan apa yang tak bisa dilakukan era emas saat masih diperkuat Antii Niemi, Sami Hyypia, Mikael Forrsell, Jussi Jaaskelainen, dan Jari Litmanen.

2. Pemain yang Tersebar di Eropa

Dalam skuat terkini, Markku Kanerva memanggil pemain-pemain yang berkarier di luar Finlandia dan tersebar di negara-negara Eropa. Hanya ada satu pemain yang bermain di liga lokal, yakni Daniel O’Shaughnessy (HJK).

Selain O’Shaughnessy, pemain lainnya bermain di luar Finlandia seperti Lukas Hradecky (Bayer Leverkusen), Joona Toivio (Hacken), Sauli Vaisanen (Chievo Verona), Fredrik Jensen (Augsburg), dan top skor tim, Teemu Pukki (Norwich City).

Baca juga  Inilah 3 Pemain Sepak Bola yang Paling Sering Menjadi Aktor Diving di Lapangan Hijau!

3. Semifinalis Olimpiade 1912

Finlandia memang tidak pernah mengikuti turnamen besar seperti Piala Dunia atau Euro. Namun, pada Olimpiade 1912, Finlandia pernah menjadi semifinal pada turnamen Olimpiade cabang sepakbola yang diadakan di Stockholm, Swedia.

Satu pemain senior di dalam skuat Finlandia itu adalah Jalmari Holopainen yang sudah berusia 30 tahun. Di semifinal, Finlandia kalah telak 0-4 dari tim Britania Raya.

4. Teemu Pukki, Bintang di Dalam Skuat Finlandia

10 gol ditorehkan Teemu Pukki di Kualifikasi grup Euro 2020. 10 gol itu dicetak dari delapan laga – termasuk enam di lima laga beruntun. Tidak ada bintang dalam skuat Finlandia, namun, jika ada satu pemain yang performanya menonjol maka dia adalah Teemu Pukki.

Baca juga  Ibrahimovic ke Milan, Serie A Seperti Lahir Kembali

Mantan penyerang Sevilla dan Schalke ada di usia produktif pada umur yang sudah matang, 29 tahun. Pukki tajam mencetak gol, tetapi juga bisa membuka ruang bagi rekan setim – benar-benar menjadi ujung tombak andalan.

5. Markku Kanerva, Pencipta Revolusi di Timnas Finlandia

Mantan bek Timnas Finlandia pada medio 1986-1995 promosi dari asisten pelatih menjadi pelatih pada 2016, menggantikan Hans Backe yang dipecat. Revolusi Kanerva berjalan sukses. Finlandia menggunakan taktik klasik 4-4-2 dengan mengandalkan dua penyerang di depan.

Tidak hanya bermain efektif dengan duet dua penyerang klasik, Teemu Pukki dan Jasse Tuominen, pertahanan Finlandia juga yang terbaik kedua di grup J dengan jumlah kebobolan 10 gol – urutan pertama Italia yang kebobolan empat gol.

Keseimbangan yang dibangun Markku Kanerva itu akan menjadi kunci Finlandia saat bermain di Euro 2020.

(Visited 37 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.