Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Zealandia Benua yang Hilang Ditemukan di Dekat Indonesia, Ini Faktanya

1 min read
Zealandia Benua yang Hilang

Zealandia Benua yang Hilang

Sharing is Caring

Indonesia tampaknya memiliki ‘tetangga baru’, yaitu sebuah benua yang belum lama ditemukan oleh para peneliti. Benua ini bernama Zealandia, tepatnya berada di sebelah Timur Australia atau Tenggara Papua.

Fakta Tentang Zealandia

Daratan besar ini terendam di Samudera Pasifik dan bagian yang paling dikenal dan masih muncul di permukaan laut adalah Selandia Baru. Dilansir dari trtworld.com, berikut fakta mengenai Zealandia yang mungkin belum kamu tahu.

1 . Zealandia awalnya digunakan untuk menamai pulau-pulau di Selandia Baru secara kolektif.

2. Penemuan baru ini kemungkinan akan mengubah jumlah benua menjadi delapan, walaupun sebagian besar area benua ini tenggelam di bawah permukaan laut.

Baca juga  5 Pulau Paling Misterius di Dunia

3. Zealandia terletak sangat dekat, tetapi tidak bergabung dengan benua Australia.

4. Dikatakan sebagai benua karena didukung oleh bukti ketinggian, geologi, struktur kerak, batas, serta luasnya. Zelandia memiliki luas mencapai 4,9 juta km persegi.

5. Ini akan menjadi benua terkecil di planet Bumi, karena ukurannya hanya setengah dari Amerika Serikat dan hanya lebih dari setengah Australia.

6. 94 persen bagian Zealandia berada di bawah air, hanya 5 persen yang muncul ke permukaan dan dapat dihuni, yaitu Selandia Baru dan beberapa pulau di sekitarnya.

7. Selanda Baru tidak bisa mengambil kesempatan untuk mengklaim wilayah baru karena ditemukannya benua Zealandia. Sebab, perbatasan laut telah disepakati sejak lama.

Baca juga  Ada Air Kering Dan Es Panas, Berikut 4 Bentuk Aneh Dan Tak Masuk Akal Dari Air

Mungkinkah di masa depan permukaan Zealandia bisa diangkat kembali dan dapat dihuni manusia? Tulis komentarmu di bawah, ya.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.