Wed. Oct 28th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Masuk 7 Aliran yang Diawasi, Jemaat Ahmadiyah Menolak Disebut Sesat

2 min read
Jemaat Ahmadiyah Sesat

Jemaat Ahmadiyah Sesat

Sharing is Caring

Dalam artikel sebelumnya, Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Korpakem) merilis 13 aliran yang ada di Bekasi Jawa Barat. Dari Jumlah tersebut 7 diantaranya terkategori sesat dan berada dalam pengawasan yang ketat.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Korpakem yang juga Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi, Rara Mahayu Dian Suryandari. Rara memasukkan Jemaat Ahmadiyah sebagai salah satu aliran yang terkategori dalam 7 aliran sesat.

Menanggapi hal tersebut Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) menolak label sesat yang disematkan pada mereka. Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat, pengurus JAI menuding tuduhan Rara dapat memancing gejolak dan kegaduhan di masyarakat. Padahal menurut mereka belakangan ini situasi sosial sedang kondusif.

Baca juga  Waspada, Korpakem Rilis 7 Aliran Sesat, Lia Eden Muncul Lagi?

“Kami sadar kami ini minoritas. Namun kami adalah organisasi keagamaan formal yang berbadan hukum. Kami sangat terbuka dan bahkan berkontribusi bagi masyarakat,” ucap Koordinator JAI Jabar V, Entang Ahmad Rasyid seperti dikutip harian Pikiran Rakyat (14/11/2019).

Sementara itu pengurus JAI lainnya, Hafizurrahman Danang mengklarifikasi tuduhan sesat yang selalu disematkan pada mereka. Menurut dia, kitab suci jemaat Ahmadiyah adalah Alquran bukan kitab Taadkirah sebagaimana yang kerap dituduhkan. Taadkirah menurutnya hanyalah catatan harian sang pendiri Ahmadiyah yang dibaca sebagai pengingat saja.

Entang dan Hafiz menyayangkan pernyataan yang dilontarkan oleh Rara. Menurut mereka hal tersebut dapat memicu potensi konflik di tengah masyarakat. Apalagi ucapan tersebut dilontarkan oleh pejabat publik yang semestinya menjaga ketertiban dan menjamin keamanan beribadah bagi tiap warga negara.

Baca juga  Tiba Tiba, Pengamen Ini Tuntut Menkeu Sri Mulyani 750 Juta. Ada Apakah Gerangan ?
(Visited 70 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.