Mon. Dec 9th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Desa Adat Terunik & Paling Aneh Di Indonesia Ini Bikin Geger Seluruh Dunia!

2 min read
Desa Adat Terunik

Desa Adat Terunik

Sharing is Caring

Salah satu keindahan negara kita Indonesia adalah adanya keaneragaman bahasa, ras, adat dan budaya yang menunjukkan kekayaan bangsa kita.

Adat itu sendiri seringkali disebut sebagai gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum dari suatu kelompok masyarakat.

Jadinya seperti kata peribahasa ‘lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya’ bahwa setiap daerah bisa berbeda dengan adat atau aturan di daerah lain. Itulah keunikan dari keaneragaman bangsa ini, kamusperibahasa.com (14/11/2019).

Nah tahukah kamu bahwa di antara sekian banyak adat di Indonesia tersebut, ada beberapa yang tergolong sangat unik hingga menghebohkan dunia. Apa saja?

Berikut 5 adat terunik dan paling aneh di Indonesia yang sampai bikin geger dunia, dikutip dari instagram.com/top5_id (14/11/2019) :

Baca juga  Tidak Selamanya Berjalan Mulus, 5 Pesulap Ini Tewas Saat Melakukan Aksinya

1. Desa adat Baduy, Banten

Demi menjaga kemurnian budaya mereka, suku ini tidak boleh menggunakan atau membawa semua unsur modernitas, seperti kamera dan smartphone serta tidak diperkenankan untuk berhubungan dengan dunia luar secara bebas.

2. Desa Wae Rebo, NTT

Desa Wae Rebo punya 7 rumah adat yang bertahan selama 19 generasi dan menjadi daya tarik para wisatawan khususnya dari mancanegara.

3. Desa Adat Gurusina, Flores

Selain rumah adatnya yang terbuat dari kayu, bambu, dan alang-alang, yang menarik dari desa ini adalah tanduk-tanduk kerbau yang terpasang di dinding rumah. Semakin banyak tanduk kerbau, makin tinggi pula status sosial yang empunya rumah.

4. Desa Tenganan, Bali

Baca juga  5 Fakta Keluarga Rotschild yang Misterius

Desa Tenganan ini menerapkan sistem perkawinan antar sesama warga desa demi menjaga kemurnian nilai dan budaya masyarakat dari dunia luar.

5. Desa Tana Toa, Bulukumba

Suku Ammatoa atau Suku Kajang sangat mencintai alam sehingga mereka selalu menggunakan bahan pokok dan bangunan yang keseluruhannya berasal dari alam, seperti kayu dan daun.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.