Tue. Aug 4th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Buah Asli Papua yang Bikin Kamu Tercengang! Nomor 5 Heboh!

3 min read
Buah Asli Papua

Buah Asli Papua

Sharing is Caring

Papua, merupakan salah satu daerah di Nusantara yang terkenal memiliki segudang rahasia. Budayanya yang khas, faunanya yang bermacam-macam, dan floranya yang langka. Selain terkenal dari emas dan uranium nya, Papua juga dikenal karena flora dan faunanya yang begitu sulit ditemukan serta endemik. Di Papua pun tumbuh banyak sekali buah-buahan yang hampir tidak dapat kita jumpai dimanapun. Penasaran buah apa aja itu ? Check this out!

1. Rabon Bi (Buah Sakti Papua)

Buah ini pasti jadi buah yang paling asing ditelinga kita, pasalnya buah ini termasuk buah yang endemik, benar-benar hanya ada di Papua. Meskipun sebenernya asing, tapi buah ini juga sudah banyak orang yang memanfaatkannya.

Dari segi bentuk, buah ini memiliki bentuk menyerupai jambu air namun memiliki tepian dan serat serta warnanya selalu hijau. Jika dibelah memiliki tempurung yang intinya berwarna putih. Cara pengonsumsiannya adalah dengan dijadikan obat, dan obatnya pun digunakan untuk mata dengan cara diteteskan sari patinya.

Baca juga  5 Foto Kocak di Balik Layar Avengers: Endgame

2. Buah Merah

Sepertinya diantara semua buah-buahan yang disebutkan, ini yang paling sering kita dengar. Jika mendengar Papua, pasti sebagian dari kita mengarah pada Buah Merah. Buah yang seluruhnya berwarna merah, bahkan isinya sekalipun ini, hanya bisa ditemukan di Papua saja. Biasanya buah ini dikonsumsi sebagai santapan pendamping bagi orang-orang yang merayakan tradisi Bakar Batu.

3. Bintanggur

Buah yang satu ini sepertinya tidak hanya asing ditelinga kita, tapi terbilang buah yang baru di daerah Papua sekalipun. Dilihat dari bentuknya buah ini hampir menyerupai buah Mangga, bedanya Bintanggur ini berbentuk bulat, tidak lonjong seperti Mangga.

Dibandingkan dengan buah yang lain, Bintanggur ini merupakan buah yang sangat unik. Terlihat dari cara pengonsumsian buah ini yang tidak dimakan langsung atau dijadikan obat, akan tetapi dijadikan minyak.

Baca juga  5 Fakta Rahasia Area 51 yang Misterius

Cara untuk menjadikan buah ini menjadi minyak pun tidaklah sulit, kita hanya perlu mengeringkan Bintanggur lalu di saring sampai minyaknya keluar.

Dilihat dari hasil olahannya, mungkin buah ini bisa jadi alternatif BBM di Papua.

4. Matoa

Buah Matoa sepertinya sudah tidak asing ditelinga kita ya. Pasalnya buah ini mudah sekali untuk ditemukan, baik itu di pasar maupun supermarket. Meskipun sudah terkenal di pasar nasional, tapi banyak yang masih belum tahu bahwa buah ini berasal dari Papua.

Fisik buah ini berwarna hijau, mirip dengan buah kedongdong. Tapi jika kita buka isinya berwarna putih. Rasanya sendiri manis dan unik. Seperti campuran antara kelengkeng dan durian.

Meski buah ini sudah terkenal, tapi buah ini termasuk buah yang langka, makanya di supermarket harga buah ini selalu mahal.

Baca juga  7 Perbedaan Mencolok Cewek VS Cowok di Kehidupan Sehari -hari ini Bikin Nyengir Kuda

5. Musa Ingens

Siapa yang tidak tau Pisang ? Buah yang selalu diciri khaskan dengan makanannya Monyet ini merupakan buah yang sudah tersebar luas dipenjuru dunia. Tapi, apa yang dimiliki Papua ini bukanlah sekedar pisang biasa pada umumnya.

Musa Ingens, begitulah orang-orang menyebut buah tersebut. Yang menjadi sorotan buah ini bukanlah soal rasanya, melainkan dari bentuknya yang begitu besar.

Pisang Musa Ingens ini buahnya bisa sampai sebesar lengan orang dewasa. Pohonnya sendiri luar biasa besar, bahkan bisa sampai 15 meter dengan diameter lebih dari 1 meter. Musa Ingens ini hanya bisa ditemui di hutan-hutan Papua dan sangat sulit untuk dibudidayakan. Meskipun kelihatan besar dan sepertinya manis, tapi sayangnya bayangan kita tersebut dapat terpatahkan ketika kita mengonsumsinya, karena buah tersebut rasanya hambar.

(Visited 46 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.