Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kena tuntut ternyata konten youtuber Calon Sarjana adalah hasil comot video orang, plagiat

2 min read
Calon Sarjana plagiat

Calon Sarjana plagiat

Sharing is Caring

Ramai beredar cuitan dari akun Twitter @JTonYoutube mengungkap bahwa konten Youtube dari Calon Sarjana rupanya hasil plagiat atau hasil dari comot video miliknya.

Tak hanya menyampaikan bukti lewat cuitan di Twitter, akun @JTonYoutube juga mengunggahnya lewat laman resmi Youtube nya. Ia mengungkap dengan detail bahwa akun Youtube Calon Sarjana mengambil thumbnail dan hanya merubah narasi ke bahasa Indonesia.

Reaksi Publik

Mengetahui hal tersebut tentunya banyak publik tanah air yang dibuat heran dan geram atas tingkah yang dilakukan oleh akun Youtube Calon Sarjana. Bahkan comedian Ernes Prakasa pun ikut angkat bicara. Erner menganggap hal ini adalah sangat memalukan bangsa mengingat akun Youtube Calon Sarjana telah memiliki Subscriber hingga puluhan juta tentu telah menjadi konsumsi publik.

Baca juga  Alasan Ilmiah dibalik Video Gelembung beku yang Viral di YouTube!

Fakta Youtuber Calon Sarjana

  1. Memiliki subscriber 12 juta

Calon sarjana memang memiliki konten klikbait yang sangat bagus hingga membuat penonton di channel Youtubenya menjadi sangat terhibur dan banyak wawasan. Calon sarjana juga tidak sendirian, ia dikelola oleh group infa, yaitu group yang mengelola sebuah akun social media @Dagelan.

2. Memiliki banyak keluarga

Seperti yang telah disebutkan bahwa akun youtube calon sarjana tidak sendirian alias dikelola oleh group sehingga wajar jika channel tersebut memiliki banyak channel turunan seperti : “Sarjana Ghoib, Calon sutradara, Calon Atlet, Calon Profesor dan Calon ilmuan”. Mereka semua adalah afiliasi dari channel Calon sarjana.

3. Diekspos oleh JT

Akun JT mengungkap kejanggalan channel youtube dari calon sarjana yang telah melakukan plagiat atau pencurian sebuah konten tanpa adanya kesepakatan dari sang konten Creator. Yang anehnya bisa lolos dari verifikasi Youtube.

Baca juga  Pantes Deddy Corbuzier Duitnya Melimpah! Dari Sini Sumbernya, Perhatiin No 5 dan 6

4. Minta maaf ke publik

Akhirnya setelah banyak hujatan dan cacian di media sosial baik Twitter maupun Instagram, channel youtube calon sarjana meminta maaf terkait video plagiat di akun nya yang tidak menyertakan link sources yang mengakibatkan kerugian dari sang konten creator.

Sekian artikel ini, selalu ingat membuat sebuah konten di media masa dan media social harus berhati-hati . semoga bermanfaat.

(Visited 107 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.