Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Fakta Playstation 1 Yang Wajib Diketahui

2 min read
Fakta Playstation 1

Fakta Playstation 1

Sharing is Caring

Baru-baru ini, sony menciptakan inovasi baru dengan mengumumkan kehadiran Playstation mini. Konsol ini tidak menjadi konsol lanjutan dari Playstation 4, melainkan duplikat dari Playstation 1 yang dibuat dalam versi kecil. Terciptanya inovasi ini sebenarnya tidak terlepas dari kesuksesan Playstation 1 dan bisa dibilang konsol revolusioner yang mengubah game virtual.

Nah, dibalik kesuksesan besarnya, saya akan membagikan info tentang fakta konsol Playstation 1 yang mesti diketahui:

1. Berawal Dari Proyek Buangan

Meskipun Playstation 1 dibilang sangat sukses, namun konsol ini ternyata hanyalah proyek buangan. Pada awalnya, Playstation dibuat dan dirancang oleh Sony dan Nintendo dan hanya dibuat sebagai CD-ROM untuk super Nintendo. Namun, ketika terjadi masalah internal, Nintendo meninggalkan proyek itu dan menyisahkan Sony sendirian. Proyek ini tetap dilanjutkan oleh Sony dengan CD-ROM mereka sendiri dan pada akhirnya terciptalah Playstation 1.

Baca juga  Ilmuwan Temukan Makhluk Aneh Tak Dikenal Di Bawah Antartika

2. Arti Tombol Segitiga, Bulat, Kotak, Dan X

Alih-alih menggunakan A, B, C, dan D, Sony malah lebih membuat inovasi unik dengan menggunakan segitiga, bulat, kotak, dan X. Alasannya, tombol tersebut memiliki arti masing-masing. Simbol segitiga untuk mewakili sudut pandang pemain, kotak untuk mengakses file dan menu, sedangkan bulat dan X untuk mewakili jawaban Ya atau Tidak.

3. Logo Legendaris Dari Playstation 1

Logo menjadi salah satu hal penting dari sebuah produk. Tidak terkecuali dengan produk Playstation 1. Dulu, sebelum logo yang kita kenal sekarang, ternyata pihak Sony sudak menolak banyak sekali rancangan logo.

4. Persaingan Dengan Atari

Seperti yang kita kenal, Playstation 1 memiliki game-game terbaik sehingga banyak digemari pad jamannya, ditambah dengan harga yang sangat terjangkau. Di Amerika, konsol ini dijual dengan harga $299 dan lebih murah seratus dollar dari Sega Saturn. Pihak Atari merasa keberadaan Playstation 1 merusak harga pasar video game. Namun Sony tidak peduli dan tetap menjual produknya dengan harga murah dan sampai akhirnya, Atari bangkrut karena kalah bersaing dengan Playstation 1.

Baca juga  Ternyata Ini Awal Mula yang Membuat Gus Dur Tak Bisa Melihat

5. Joystick Yang Berbeda

Sebelum munculnya konsol Playstation 1, bentuk joystick pada umumnya berbentuk kotak saja. Teiyu Goto selaku perancang joystick Playstation 1 mengklaim bahwa stick harus mempresentasikan kemampuan grafis game yang ada di konsol tersebut. Meski awalnya rancangan Teiyu Goto ini ditentang oleh banyak pihak, tapi Norio Ohga yang merupakan mantan pilot malah menyukainya karena mengingatkan ia dengan roda pengontrol pesawat.

6. Game Terlaris Di Playstation 1

Banyak game yang menjadi kenangan di platform Playstation 1. Salah satu game yang paling populer dan terlaris di platform ini adalah Gran Turismo yang terjual lebih dari 10 juta unit. Diikuti oleh Final Fantasy VII, Resident Evil, Tekken 3, Tomb Raider, dan Crash Bandicoot.

Baca juga  5 Manusia yang Kemampuannya di Luar Akal Sehat

Itulah tadi beberapa fakta mengenai platform PlayStation 1 yang sangat memorable. Fakta manakah yang menarik menurut kalian, silahkan komen di bawah.

(Visited 13 times, 1 visits today)