Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Waspadai Penyakit Jantung, Inilah Makanan dan Vitamin Penguat Jantung

2 min read
Vitamin Penguat Jantung

Vitamin Penguat Jantung

Sharing is Caring

Diawali biasanya dari tekanan darah yang tinggi (hipertensi) dan dibiarkan tanpa terkontrol, maka berkembanglah berbagai penyakit yang menyertainya. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Bersama stroke dan kanker, penyakit jantung masih menempati urutan teratas penyakit paling mematikan saat ini. Untuk itu jangan biarkan tubuh tak berdaya dan pasrah menghadapinya. Perkuatlah kebugaran dan kekuatan jantung dengan berbagai makanan yang bisa memperkuat jantung.

Berikut ini adalah makanan dan vitamin penguat jantung, sebagaimana dikutip dari webMD.com.

1.Makanan Kaya Serat/Fiber

Oatmeal dan sereal adalahmakanan kaya serat yang sangat baik dalam menyehatkan jantung karena mengandung serat yang tinggi dan bisa mengurangi kadar “kolesterol jahat” dalam tubuh.

Baca juga  Lapar? Tahan Dulu, ini Waktu Tepat untuk Makan Nasi

 Serat juga bisa didapat dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti barli (barley). Perkayalah makanan berserat dalam menu makanan Anda.

2. Sterols Dan Stanol

Zat gizi ini dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran kacang dan biji-bijian. Mereka mampu mem blok kolesterol yang akan diserap tubuh. Almond, kacang tanah, minyak zaitun dan “Brussels sprout” (sejenis kubis) ada diantaranya.

Terkadang sterol dan stanol juga ditambahkan kedalam bahan makanan seperti margarin, jus jeruk dan yogurt.

3.Bawang Putih

Masyarakat sudah menggunakan bawang putih sebagai obat sejak berabad lalu. Penelitian menemukan bahwa bawang putih juga mampu melindungi jantung. Kemampuannya menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol sangat baik dalam melindungi jantung. Tapi sebelumnya konsultasikan dengan dokter karena zat yang dikandung bawang putih punya efek sebagai pengencer darah.

Baca juga  Jangan Pernah Lakukan 4 Kebiasaan ini Setelah Olahraga, Kamu Pasti Nyesel

4.Vitamin D

Peran vitamin ini sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung, tapi sangat sedikit makanan yang mengandung suplemen ini. Diantaranya adalah ikan salmon dan tuna. Juga terdapat dalam susu (yang diperkaya vit D)

5.Asam Lemak Omega-3

Zat satu ini bisa membersihkan arteri dan menstabilkan tekanan darah. Juga mampu menggelontor trigliserida dari dalam tubuh. Yang terakhir ini adalah lemak dalam darah yang bisa menaikan resiko penyakit jantung.

Konsumsi Ikan-ikan seperti salmon dan mackarel sedikitnya dua kali dalam seminggu. Suplemen ini juga tersedia dalam bentuk minyak ikan dalam kapsul.

Itulah beberapa makanan dan vitamin yang sangat dianjurkan sebagai penguat jantung. Secara keseluruhan zat-zat yang dikandungnya akan memperbaiki sistem kardiovaskuler dan peredaran darah Anda.

Baca juga  7 Bahan Alami Untuk Keramas Ini Bisa Menggantikan Sampo Dan Bebas Bahan Kimia

(Visited 28 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.