Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Sejarah Rivalitas AC Milan Dan Inter Milan, Derby Yang Paling Seru Di Italia

2 min read

derby della madonina

Sharing is Caring

Ada banyak derby atau rivalitas dalam sepakbola di dunia ini. Contohnya di Amerika Latin ada derby superclasico yang mempertemukan River Plate dan Boca Junior. Di Eropa pun derby yang terjadi cukup banyak, dan salah satunya adalah derby della Madonina alias rivalitas antara dua tim dari Kota Milan, Internazionale Milano alias Inter dan AC Milan. Meskipun tidak sepanas El Clasico-nya La Liga, derby ini cukup menyita perhatian publik sepakbola Eropa. Kedua tim yang menggunakan stadion yang sama tersebut sejarah dan fakta yang menarik dan berikut ini adalah ulasan singkatnya.

1. Rekor Pemain

Dalam sejarah derby Milan, ada beberapa rekor yang tercipta untuk individu di derby ini. Di antaranya adalah pencetak gol terbanyak, yaitu dipegang oleh Andriy Shevchenko dengan 14 gol yang ia ceploskan ke gawang Inter. Sementara itu pemain yang paling banyak tampil di derby ini juga dipegang oleh pemain AC Milan, ia adalah sang legenda Paolo Maldini yang mencatatkan 56 penampilan melawan Inter selama 24 tahun karirnya.

Baca juga  Napoli 0-0 Genoa, Inter 2-1 Hellas Verona, Inilah Klasemen Terbaru Serie A Pekan 12

2. Persaingan Jerman Belanda

Di level Timnas, Jerman dan Belanda adalah rival abadi dan juga menjadi dua negara yang punya ciri khas yang berbeda dalam sepakbola. Persaingan tersebut rupanya berlanjut di Kota Milan. Di era 80an dan 90an, kedua tim seolah menjadi panggung persaingan Jerman dan Belanda. Rossoneri mendatangkan tiga talenta terbaik Belanda, Frank Rijkaard, Ruud Gullit, dan Marco van Basten. Tidak mau kalah, Inter menggaet trio handal Jerman, Adnreas Brehme, Juergen Klinsmann, serta Lothar Matthaeus. Tapi yang mencuri perhatian tentu saja trio Belanda yang mampu meraih dua gelar Liga Champions.

3. Baresi Bersaudara

Inter dan AC Milan adalah saudara sekota yang berbagi stadion yang sama. Kedua tim bisa dibilang seperti adik dan kakak namun berbeda visi dan selalu bersaing dalam hal apapun. Ternyata, hal tersebut juga sempat berlaku untuk pemainnya. Karena pernah ada kakak beradik yang membela dua tim ini dan saling bersaing. Mereka adalah Franco Baresi untuk AC Milan dan Giusseppe Baresi untuk Inter Milan. Namun, siapa sangka jika sejatinya Franco nyaris bergabung dengan Inter ketika mengikuti trial bersama sang kakak. Sayangnya, hanya Giuseppe yang diterima La Beneamata.

Baca juga  Juventus 1-0 AC Milan, Parma 2-0 AS Roma, Inilah Klasemen Terbaru Serie A Italia Pekan 12

4. Asal Nama Della Madonnina

Nama derby Della Madonnina tidak muncul begitu saja. Yang menjadi simbol derby ini adalah sebuah patung Bunda Maria di Katederal terkenal di Kota Milan. Masyarakat setempat menyebut patung itu sebagai Madonnina atau secara bahasa artinya Madona kecil. Dengan kata lain patung tersebut menjadi sebuah simbol di Kota Milan dan persaingan Inter dan Milan adalah rivalitas untuk menjadi yang terdepan di kota tersebut.

5. Awal Perpecahan

Awalnya hanya berdiri AC Milan saja pada 1899 dan kemudian setelah beberapa tahun sejumlah direksi Milan merasa tidak puas karena Milan tidak menerima para pemain luar negeri dan mengandalkan pemain lokal. Akhirnya pada 1908 Internazionale Milano berdiri dan mendatangkan para pemain dari luar Italia.

Baca juga  Memori 1990-1991, Saat Liverpool Gagal Juara Setelah Buat Start Terhebat di Liga Inggris
(Visited 62 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.