Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tips Liburan Di Akhir Tahun Tanpa Menguras Banyak Tabungan

2 min read
Tips Liburan Di Akhir Tahun

Tips Liburan Di Akhir Tahun

Sharing is Caring

Liburan adalah suatu masa di mana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolah dan terjadi pada pertengahan tahun atau akhir tahun, juga pada hari raya. Setelah libur Lebaran sampai Desember nanti, siapa pun tentu tak sabar menunggu datangnya liburan akhir tahun 2019. Ini karena “tanggal merah” yang biasa dimanfaatkan orang untuk mengambil cuti panjang tak ditemukan lagi selama beberapa bulan terakhir.

Apalagi, libur akhir tahun jadi saat sempurna untuk dirayakan bersama orang terdekat, juga waktu yang baik untuk melakukan refleksi perjalanan karier maupun berbagai pencapaian hidup selama setahun.

Dilansir dari nabungdibank.id dalam persiapan liburan, rupanya ada Proses perencanaan liburan yang merepotkan itu justru bisa dipersiapkan sejak jauh hari. Salah satu alasan liburan tak terencana adalah kesibukan yang membuat waktu tak lagi tersisa. Tak cuma itu, nyatanya tak semua orang memiliki cukup bantuan atau sumber daya untuk membuat perencanaan tersebut. Liburan terus tapi saldo tabungan tetap terjaga, siapa yang tidak mau? Itu mungkin saja kok.

Baca juga  Kasus Pembunuhan Paling Brutal di Hongkong!

Menurut Nabungdinang.id Salah satu upaya untuk bisa merasakannya dengan memilih melakukan satu di antara empat tips bberikut:

1. BUAT REKENING TABUNGAN KHUSUS

Hal pertama yang dilakukan menghadapi liburan adalah membuat rekening tabungan baru khusus untuk berlibur. Sisihkan uang di sana. Lebih baik dana tabungan dibuat dari mendebit rekening secara otomatis sehingga ada kepastian menabung. Cara ni memungkinkan rekening tabungan tetap terjaga. Namun harus siap melakukan penghematan lebih besar agar Tabungan pasti terisi dan Dana yang dimiliki untuk keperluan lain berkurang.

2. KEJAR TARGET BUJET LIBURAN

Untuk ini dapat pula menabung sesuai target liburan. Misal, ketika ingin liburan di satu destinasi pada saat tertentu, kebutuhannya biaya dapat dihitung. Setelah itu mulai sisihkan uang sampai target terpenuhi.Sistem ini lebih fleksibel. Kita bisa menambah jumlah tabungan ketika ada dana ekstra. Namun, sebaliknya, uang yang disisihkan dapat dikurangi ketika ada kebutuhan berlebih. Besar nilai tabungan bisa diatur sesuai kemampuan.dan Rawan tidak terpenuhi jika tidak disiplin mengejar target.

Baca juga  10 Orang Yang Membuktikan kalau Malas Selalu Punya Ide Kreatif

3. TAMBAH PENGHASILAN

Dengan cara ini kita bisa terus berlibur tanpa perlu khawatir dengan tabungan yang terganggu jika punya penghasilan tambahan. Kalau memungkinkan, carilah pekerjaan tambahan atau sumber pendapatan ekstra. Mengerjakan pekerjaan sampingan atau berjualan bisa dilakukan. Cara ini bisa menjaga tabungan tetap aman asalkan kita berkomitmen menjadikan penghasilan tambahan sebagai tabungan liburan. Namun, jika digunakan untuk keperluan lain, maka strategi ini sia-sia belaka. Punya dana tambahan untuk hal lain dan Mendorong kenaikan gaya hidup. 

4. TINGKATKAN EFISIENSI

Kalau memang benar-benar ingin berlibur tanpa merogoh tabungan, Kita bisa sedikit berkorban dengan menekan pengeluaran lebih hemat lagi. Pangkas beberapa hal yang sekiranya bisa dihemat. Lalu sisihkan dananya untuk membiayai liburan. Cara ini membutuhkan disiplin dan komitmen tinggi. Jadi, pintar-pintarlah untuk memotivasi diri untuk lebih berhemat. Menumbuhkan kebiasaan berhemat dan Lebih sulit dilakukan karena menghilangkan kenyamanan tertentu.

Baca juga  Bete Saat Liburan, 9 Foto Harapan vs Kenyataan Ini Justru Menghiburmu!
(Visited 8 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.