Wed. Dec 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker

2 min read
Kebiasaan Memicu Kanker

Kebiasaan Memicu Kanker

Sharing is Caring

Salah satu penyakit yang bisa bikin bulu kuduk merinding adalah kanker. Tak peduli usia, kanker bisa menyerang siapa saja dan membuat penderitanya meregang nyawa.

Contoh saja Erna Libby, meninggal di usia 34 tahun karena kanker otak. Olga Syahputra, meninggal di usia 32 tahun akibat kanker kelenjar getah bening. Serta Iceu Wong yang meninggal di usia 30 tahun akibat kanker payudara (kapanlagi.com, 01/08/19).

Untuk itulah sangat penting upaya pencegahan agar bisa meminimalkan risiko terkena kanker. Contohnya dengan menghindari kebiasaan berikut ini yang ternyata bisa picu kanker. Ini penjelasannya dari dr. Dyah Novita Anggraini yang dimuat dalam klikdokter.com (03/02/19).

Baca juga  Vape Dilarang, Ini Dia Mengapa Rokok Elektrik Bisa Sebabkan Kematian

1. Merokok

Tak hanya kanker paru, kanker tenggorokan serta kanker usus besar erat kaitannya dengan kebiasaan ini. Kandungan nikotin serta zat beracun lainnya yang terdapat pada rokok bisa memicu perubahan gen (mutasi) sel normal jadi sel kanker.

2. Makan berlebihan

Makan berlebihan akan menyebabkan obesitas sehingga berpengaruh terhadap produksi hormon. Ketidakseimbangan hormon ini kemudian memicu pertumbuhan sel tidak normal. Diantara jenis kanker yang erat kaitannya dengan obesitas adalah kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Mager

Gaya hidup tidak aktif serta kurang olahraga akan mengganggu proses metabolisme sehingga meningkatkan risiko kanker.

4. Kurang tidur

Manusia butuh tidur sekitar 8 jam. Selama tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang penting untuk regenerasi sel dan mencegah kerusakan sel. Kebiasaan kurang tidur akan mengganggu produksi hormon melatonin sehingga bisa menyebabkan kerusakan sel (kanker).

Baca juga  Bukan Perawatan Atau Operasi 4 Cara Ini Ampuh Buat Kamu Awet Muda

5. Minum alkohol

Saat ini orang sudah tidak canggung lagi untuk konsumsi minuman beralkohol padahal bahayanya tidak main-main. Kebiasaan konsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan risiko kanker hati, kanker payudara, serta kanker perut.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.