Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Jangan Beri 10 Makanan Berbahaya Ini pada Kucingmu, Bisa Fatal!

3 min read
Makanan Berbahaya Kucing

Makanan Berbahaya Kucing

Sharing is Caring

Kucing adalah hewan yang umum dipelihara oleh orang-orang di seluruh dunia. Tak heran, tingkahnya yang lucu dengan tampangnya yang menggemaskan membuat siapa saja kepincut.

Tapi rasa sayang kita jangan sampai membuat kita salah bertindak. Ada makanan yang sangat disukai kucing yang ternyata tidak seharusnya kita beri pada mereka. Tentu saja hal itu dikarenakan ada risiko yang mungkin belum kita tahu. Apa saja makanan itu? Simak baik-baik ulasannya berikut ini!

1. Susu dan produk susu.

Seperti manusia, kebanyakan kucing sangat menyukai susu dan produk turunannya. Kamu sering kan, menumpahkan susu kemudian langsung “dibereskan” oleh kucingmu?

Susu memang sehat untuk manusia, tapi tidak untuk kucing. Kebanyakan kucing intoleran terhadap laktosa. Mengonsumsi susu dapat mengakibatkan kucing sakit perut, muntah, hingga diare.

Baca juga  Tempat Terbengkalai yang Terkenal Angker, Sereeeem!!

2. Permen dan cokelat.

Kucing tidak bisa merasakan manis, jadi percuma kamu memberinya permen atau cokelat dengan alasan rasanya yang enak. Nyatanya, kafein dan theobromine pada cokelat tidak mudah terserap oleh tubuh kucing, bahkan bisa menjadi racun.

Permen yang banyak mengandung gula juga tidak baik untuk kucing (sebenarnya tidak baik untuk manusia juga), apalagi jika permen dengan tekstur yang keras, bisa menyebabkan kucingmu tersedak.

3. Ikan dan daging mentah.

Ikan dan daging mentah mengandung banyak bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Selain itu, lemak yang melekat pada daging juga dapat menyebabkan radang pankreas pada kucing.

4. Telur mentah.

Selain mengandung bakteri, protein pada telur mentah juga sulit diserap oleh tubuh kucing. Jika ingin memberi kucingmu menu telur, masaklah terlebih dahulu, lalu campurkan dengan makanannya.

Baca juga  Ada Air Kering Dan Es Panas, Berikut 4 Bentuk Aneh Dan Tak Masuk Akal Dari Air

5. Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.

Siapa bilang kucing tak suka bawang? Tidak sedikit dari kucing yang suka menjadikan daun dan sayuran sebagai camilan. Pastikan kucingmu tidak mengunyah daun-daunan bawang ya, karena bisa menyebabkan sesak napas, sakit perut, dan rapuhnya sel darah putih.

6. Anggur.

Baik anggur segar maupun kismis tidak seharusnya kamu berikan pada kucing. Meski alasan pastinya belum diketahui, tapi anggur dan kismis ditengarai dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing.

7. Adonan ragi.

Segera halau kucingmu jika ia mendekati adonan yang mengandung ragi. Sebab ragi yang masuk ke usus akan mengembang di dalam dan mengganggu pencernaan. Ragi juga menghasilkan gula yang mengandung alkohol yang sangat beracun bagi kucing.

8. Kacang.

Meski kacang adalah kudapan yang sehat untuk manusia, tidak demikian dengan kucing. Kandungan protein dan lemak pada kacang dapat membuat mereka sakit perut dan muntah. Lemak pada kacang juga bisa menyebabkan kegemukan. Gemuk tidak selalu sehat, sebab mereka jadi kesulitan bergerak, dan bisa berakibat obesitas.

Baca juga  5 Foto Indonesia Masa Penjajahan Belanda Yang Berhasil Diabadikan Kamera

9. Jamur.

Beberapa jamur yang biasa dimakan manusia ternyata sangat beracun bagi kucing, serta dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.

10. Tomat.

Tomat, daun, dan batangnya mengandung racun bagi kucing. Mengonsumsi tomat bisa membuat kucing muntah, hilang nafsu makan, dll.

Jadi, meski sering disebut bahwa kucing adalah keluarga (bukan sekadar peliharaan), tetap saja mereka memiliki anatomi tubuh yang berbeda dengan manusia. Apa yang menyehatkan bagi kita belum tentu aman bagi kucing. Sayangi kucingmu dengan cara yang tepat ya!

(Visited 93 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.