Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Menarik Prof. Emil Salim, Sosok Menteri Yang Menjabat Sejak Era Soeharto!

2 min read
Fakta Emil Salim

Fakta Emil Salim

Sharing is Caring

Sosok Prof. Emil Salim mendadak viral dan menjadi perbincangan hangat beberapa saat yang lalu setelah ia tampil di acara mata najwa membahas tentang Perppu KPK. dimana saat itu terjadi perdebatan hebat antara dirinya dengan Arteria Dahlan.

Namun sebenarnya siapakah sosok Prof. Emil Salim yang mendadak di undang ke acara mata najwa tersebut? usut punya usut ternyata ia merupakan sosok yang menjabat sebagai menteri sejak era sueharto. ia terbilang tokoh senior dalam hal pemerintahan mengingat umurnya dan kiprahnya dalam dunia politik tanah air.

Nah, untuk mengenali sosok tokoh politik lebih dalam, kali ini saya memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang beliau, berikut beberapa fakta menarik tentang Emil Salim.

Baca juga  Puisi Cinta Dan 7 Foto Kenangan Kemesraan Almarhum Habibie Dan Istrinya

1.Sosok cerdas yang merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri

Emil salim diketahui merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1959. Seusai meraih gelar PhD bidang ekonomi dari University of California, Amerika Serikat.

Sekembalinya ke Indonesia, ia kemudian mengajar bidang ekonomi di Universitas Indonesia ada tahun 1964, hingga terpilih menjadi profesor perkembangan ekonomi pada 1974 di universitas yang sama.

2.Sempat menjabat di berbagai posisi strategsi sejak era Presiden Soeharto

Sebagai sosok ekonom cerdas, ia sempat menjabat beberapa posisi penting di pemerintahan seoharto 1966. pertama sekali ia masuk ke tim pengembangan ekonomi era soeharto.

Selanjutnya ia dipercaya menjabat sebagai anggota tim penasehat Menteri Sumber Daya Manusia (1967-1968), pemimpin tim teknis Kelompok Stabilitas Ekonomi dan seorang anggota dalam kabinet Gorong Royong (1967-1969). dan juga sebagai wakil pemimpin Bappenas, Menteri transportasi, hingga Menteri lingkungan hidup (1978-1983).

Baca juga  Mengejutkan ! Eks Relawan Katakan Prabowo Bertanggung Jawab Atas Kerusuhan 22 Mei

3.Prestasi sang profesor yang diakui dunia

Emil Salim juga pernah di angkat sebagai pemimpin Foundation for Sustainable Development dan Kehati Foundation, di lingkungan warga indonesia yang tinggal di amerika.

Ia pernah di anugerahi The Leader for the Living Planet Award dari World Wide Fund (WWF). dan juga pada 2006 menerima penghargaan Blue Planet Prize ari The Asahi Glass Foundation.

4.Aktif berkarier dan menjadi sosok yang melewati tiga zaman pemerintahan

Tak hanya era soeharto, emil salim juga dipercayai menempati posisi stategis di era pemerintahan selanjutnya dimana ebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 10 April 2007 dan pada 25 Januari 2010.

Ia juga kemudian dilantik kembali untuk kali kedua dibawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga  5 Fakta Tentang Binatang yang Bikin Terkejut

5.Sosok Emil Salim yang lebih dikenal setelah tampil di acara Mata Najwa

Sosok Emil Salim sendiri mungkin jarang terdengar dan tak banyak orang yang mengenal ekonom yang satu ini. ia muncul ke publik dan mulai dikenal sejak tampil di acara mata najwa dimana saat itu ia terlibat debat sengit dengan anggota DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan dalam acara Mata Najwa membahas tentang Perppu KPK.

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang Emil Salim, bagaimana pendapat kamu tentang sosok ini dan juga Arteria Dahlan?

(Visited 11 times, 1 visits today)