Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Terungkap Sudah Harta Karun Luar Biasa Dari Afrika

1 min read
Harta Karun Afrika

Harta Karun Afrika

Sharing is Caring

Dua koleksi artefak emas paling berharga di Afrika, kini ditempatkan permanen di pusat Seni Javett-UP yang baru diluncurkan di jantung Pretoria, Afrika Selatan.

Emas kuno ini dipamerkan di menara untuk melindunginya agar tidak dicuri, seperti koleksi emas arkeologis lain, Thulamela yang dicuri dari Stevenson-Hamilton Knowledge Resource Center & Museum di Taman Nasional Kruger di 2016

Mapungubwe terletak di pertemuan Sungai Shashe dan Limpopo di provinsi Limpopo, Afrika Selatan.

Pada tahun 1030 – 1220 M, perubahan dalam ekonomi dan sosial-politik regional memunculkan pemukiman baru yang berdekatan dan akhirnya pada tahun 1220 – 1290 M, sebuah kelas penguasa muncul dan dengan demikian negara Afrika Selatan pertama terbentuk di Mapungubwe Hill.

Baca juga  Inilah Rencana Hitler Jika Nazi Menang dalam Perang Dunia Ke-II

Pada tahun 1300 M, Mapungubwe ditinggalkan hingga ditemukan pada abad ke-19. Namun, pengetahuan lokal tentang Mapungubwe telah dicatat dari sejarah lisan, sehingga mendukung bukti etnografi dan sejarah tentang kesadaran Mapungubwe sebagai bukit suci.

Penemuan artefak emas di Bukit Mapungubwe pada tahun 1932 menjadi katalis untuk penelitian akademis awal tahun 1933 setelah Universitas Pretoria mendapatkan hak penelitian dari pemerintah.

Penggalian skala besar dilakukan antara tahun 1933 dan 1940, sampai penelitian terganggu oleh pecahnya Perang Dunia II. Penggalian berselang terjadi pada 1950-an, yang kemudian dilanjutkan dengan penggalian stratigrafi menyeluruh sepanjang 1960-an hingga akhir 1990-an.

(Visited 17 times, 1 visits today)