Thu. Aug 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Menteri Yang Paling Memuaskan Di Era Pemerintahan Jokowi Jilid I

2 min read
Menteri Yang Paling Memuaskan

Menteri Yang Paling Memuaskan

Sharing is Caring

Ada Tiga menteri yang paling memuaskan di era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014-2019 yang tingkat kepuasan publiknya tinggi. Ketiganya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Seperti diberitakan Kompas.com, “Tingkat kepuasan tertinggi kinerja menteri diraih oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 91,95 persen,” ujar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangan pers, Senin (14/10/2019).

Tingkat kepuasan berikutnya diberikan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 84,07 persen dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 83,39 persen. Hasanuddin menambahkan, Susi, Basuki dan Sri disukai karena karakteristik kepemimpinannya dan gaya mereka mengambil kebijakan di kementeriannya masing-masing.

Baca juga  Tokoh Ini Sebut Banjir Jakarta akan Teratasi Bila Anies Baswedan Jadi Presiden, Setuju?

“Susi Pudjiastuti diapresiasi karena keberanian dan ketegasannya,” ujar Hasanuddin. Sementara penghargaan terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia memunculkan Basuki Hadimuljono di urutan selanjutnya. “Sedangkan Sri Mulyani dihargai publik karena mampu mengelola keuangan negara dengan baik meskipun kondisi ekonomi global yang tidak menentu,” tambah dia.

Survei itu sebenarnya mendapatkan 10 nama menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi.

Susi, Basuki dan Sri adalah tiga teratas. Adapun, posisi selanjutnya diisi Menteri Pariwisata Arief Yahya sebesar 82,38 persen; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebesar 82,14 persen; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebesar 81,90 persen.

Kemudian, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebesar 81,90 persen; Menristekdikti M Nasir sebesar 81,74 persen; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan sebesar 81,63 persen dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebesar 81,32 persen. Baca juga: Sri Mulyani Bersih-bersih Pantai, Ada Apa? Survei ini diketahui digelar pada 12-31 Agustus 2019. Metode pengambilan sampel menggunakan multi-stage random sampling. Sebanyak 1.800 responden berusia 14-55 tahun dipilih dan diwawancarai secara tatap muka. Sampel survei ini diambil di seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentang margin of error survei ini sebesar 2,35 persen. Artinya, persentase dalam survei ini bisa bertambah atau berkurang sekitar 2,35 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga  Jokowi-Prabowo Bertemu di Sate Senayan, Sang Manajer Beberkan Fakta Tak Terduga!
(Visited 24 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.