Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Baju Adat Orang Sunda Ternyata Disesuaikan Dengan Status Sosial Sang Pemakai

2 min read
Baju Adat Orang Sunda

Baju Adat Orang Sunda

Sharing is Caring

Menurut penelitian suku Sunda merupakan salah satu suku paling tua di dunia. Suku yang mayoritas berada di Jawa Barat ini memiliki banyak sekali adat istiadat yang tetap dipegang teguh hingga saat ini. Salah satunya adalah cara berpakaian. Menurut adat istiadat Sunda, ada beberapa aturan berpakaian yang disesuaikan dengan status sosial seseorang di dalam masyarakat.

  1. Rakyat jelata

Pakaian rakyat jelata untuk kaum pria berupa celana komprang, baju salontreng, dan ikat logen sebagai penutup kepala. Kaum wanitanya memakai sinjang bunjelbeubeur atau ikat pinggang, kamisol, baju kebaya, dan selendang. Alas kaki yang biasa mereka pakai adalah sendal jepit atau sendal kayu/ terumpah. Kabayan dan Nyi Iteung merupakan tokoh rakyat jelata yang selalu memakai pakaian seperti ini.

Baca juga  Terlihat Sangat Lezat Namun Ternyata Sangat Dilarang Untuk Dimakan

2. Kaum Menengah

Kaum menengah memakai baju bedahan putih dengan kancing lurus di tengah (jas takwa), bawahan kain batik, terompah, beubeur, dan ikat kepala. Kaum wanitanya biasa memakai kebaya berwarna dengan bawahan kain batik, beubeur, selendang, dan selop atau kelom geulis. Para kaum menengah ini juga sering memakai aksesoris pelengkap. Kaum pria biasa melengkapi pakaiannya dengan arloji, sementara kaum wanitanya memakai perhiasan lengkap seperti anting, gelang, dan kalung.

3. Kaum Bangsawan

Para bangsawan memakai baju warna hitam berhias kan sulaman dari benang emas dengan kain dari bahan beludru. Mereka melengkapi pakaiannya dengan kain dodot yang diikatkan di pinggang serta celana panjang. Setara dengan kaum wanitanya, para wanita juga memakai baju berbahan beludru kualitas tinggi dengan sulaman benang emas. Aksesoris yang dipakai para wanita bangsawan sangat lengkap bahkan cenderung mewah.

Baca juga  Jangan Lepaskan! Ini 5 Ciri Pria Setia dan Patut Dipertahankan

Selain pakaian adat sesuai dengan tingkatan sosial, orang Sunda juga memiliki aturan berpakaian saat melangsungkan pernikahan dan saat untuk melakukan rapat resmi. selain suku Sunda, suku lain yang ada di Nusantara juga memiliki aturan adat cara berpakaian.

(Visited 15 times, 1 visits today)