Sat. Oct 31st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Usia Mengejutkan Gurun Sahara Terkuak, Setua Ini?

1 min read
Usia Gurun Sahara

Usia Gurun Sahara

Sharing is Caring

Sekarang ada bukti langsung pertama dari daratan yang cocok dengan usia Sahara yang berusia 4,6 juta tahun.

Ini didasarkan pada debu Sahara yang ditemukan di Kepulauan Canary.

“Orang-orang telah berusaha mencari tahu selama beberapa dekade,” kata Daniel Muhs, seorang ahli geologi dengan Survei Geologi A.S. di Denver, Colorado, mengatakan dalam siaran pers.

“Studi yang lebih baru mengatakan itu adalah awal dari Pleistocene (sekitar 2,6 juta tahun yang lalu). Lalu yang lain mengatakan beberapa ribu tahun yang lalu. “

Model menunjukkan Gurun Sahara pertama kali muncul sejauh tujuh juta tahun yang lalu.

Ada juga bukti lain bahwa gurun itu pernah berada dalam periode yang lebih basah dan lebih hijau diselingi dengan masa gersang. Sensitivitas terhadap iklim ini dan peran Sahara dalam iklim global yang membuat kawasan ini begitu menarik bagi para peneliti.

Baca juga  8 Orang Terkenal Yang Mungkin Tak Pernah Ada Di Dunia

Para peneliti berfokus pada lapisan tebal tanah coklat kemerahan halus yang ditemukan di antara lapisan batu vulkanik dan pasir di pulau-pulau Fuerteventura dan Gran Canaria.

Pulau-pulau itu berada di lepas pantai barat Afrika Utara, di mulut keran yang secara musiman menuangkan debu yang tertiup angin dari Sahara dan melintasi Samudra Atlantik.

Secara keseluruhan, para peneliti melaporkan delapan paleosol yang merekam debu Afrika menumpuk di Canaries antara sekitar 4,8 dan 2,8 juta tahun lalu, 3,0 hingga 2,9 juta tahun lalu, dan sekitar 400.000 tahun yang lalu.

(Visited 101 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.