Fri. Dec 4th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Peneliti Temukan Bukti Venus Pernah ‘Dihuni’

1 min read
Venus Pernah Dihuni

Venus Pernah Dihuni

Sharing is Caring

Venus bukanlah tempat yang baik untuk ditinggali menurut standar manusia.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menjelaskan Venus kuno pernah mendukung kehidupan, sampai terjadinya peristiwa pelapisan misterius berusia sekitar 700 juta tahun yang lalu.

“Hipotesis kami adalah bahwa Venus mungkin memiliki iklim yang stabil selama miliaran tahun,” kata ilmuwan planet Michael Way dari Institut Goddard untuk Studi Antariksa NASA.

“Ada kemungkinan bahwa peristiwa pelapisan ulang dekat-global bertanggung jawab atas transformasi dari iklim mirip Bumi menjadi neraka yang kita lihat hari ini.”

Penelitian dipresentasikan minggu lalu di Pertemuan Bersama EPSC-DPS 2019 di Jenewa, Swiss — berdasarkan dua studi yang diterbitkan sebelumnya oleh Way dan timnya.

Baca juga  5 Hal Kontroversial yang ada di Film Superhero

Hasilnya, kata tim, adalah bahwa pemodelan matematika 3D GCM (model sirkulasi umum) mendukung pandangan bahwa Venus memiliki sejarah dengan air cair, lempeng tektonik, dan iklim stabil seperti Bumi.

Periode stabilitas iklim mirip Bumi dengan air cair di lautan Venus mungkin telah bertahan hingga 3 miliar tahun, menurut para peneliti, berdasarkan sejumlah simulasi seperti apa kondisi iklim planet purba sebelumnya.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.