Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Enak Sekali, RUU Pemasyarakatan Bolehkan Napi Cuti dan Keluar Penjara

1 min read
RUU Pemasyarakatan

RUU Pemasyarakatan

Sharing is Caring

DPR dan pemerintah berencana merevisi Undang-Undang Nomor 12/1995 tentang Pemasyarakatan. Pada revisi kali ini, Napi akan mendapatkan keringanan hukuman berupa hak untuk rekreasi dan cuti.

Hak ini bisa digunakan untuk keluar dari penjara dan mengunjungi rumah atau pergi ke mall dengan syarat tetap mendapat kawalan petugas. Hal ini disampaikan Anggota Panitia Kerja (Panja) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Muslim Ayub.

“Terserah kalau dia mau cuti di situ, mau dalam arti dia ke mall juga bisa. Namanya cuti. Namun, apapun yang napi lakukan itu didampingi oleh petugas lapas,” ujar Muslim seperti dilansir dari jawapos.com (20/9/2019).

Adapun untuk teknisnya, Muslim menjelaskan akan diatur dengan peraturan pemerintah, “Nanti diatur di Peraturan Pemerintahnya. Kita tidak bisa memastikan. Peraturan Pemerintah ini akan keluar nanti dalam bentuk apa cuti itu, berapa lama, akan diatur nanti.”

Baca juga  Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua Pilihan

Bila ini benar-benar diterapkan, tentunya akan mencederai asas keadilan dan tujuan dari pemberian hukuman, Mereka yang dipenjara akan merasa diperlakukan istimewa sehingga efek jera yang diharapkan bisa jadi tidak efektif.

Atas revisi UU Pemasyarakatan ditambah UU KPK, Peneliti ICW Donald Faiz menyebut revisi ini akan membuat koruptor cepat keluar dair penjara.

“Dua produk hukum ini membuat koruptor semakin susah diproses, sementara yang terjerat semakin cepat untuk keluar,” ujarnya.

(Visited 43 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.