Sun. Jan 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Arkeolog Temukan Fossil Naga Beku Berusia 76 Juta Tahun

1 min read
fossil naga

fossil naga

Sharing is Caring

Palaeontolog telah mengidentifikasi salah satu makhluk terbang terbesar yang pernah hidup di planet Bumi.

Makhluk raksasa yang melewati langit lebih dari 76 juta tahun lalu itu dinamai borea Cryodrakon, yang berarti ‘naga beku di utara.’

Awalnya ditemukan di Taman Provinsi Dinosaurus di Alberta selatan 30 tahun yang lalu.

Kerangka parsialnya keliru, dianggap genus pterosaurus, sampai baru-baru ini analisis baru memungkinkan para ahli akhirnya mengenalinya sebagai spesies baru.

Diperkirakan berdiri setinggi 9 kaki dan dengan berat 250 kg, reptil terbang yang sangat besar ini kemungkinan memakan dinosaurus kecil.

Lebar sayap 33ft membuatnya seukuran dengan pesawat kecil — hampir tiga kali lipat dari elang laut yang berkeliaran yang memiliki lebar sayap terbesar yang diketahui dari semua burung yang hidup.

Baca juga  Pantesan Bukan Empat Mata Tukul Arwana Dibubarkan, Ternyata ini Penyebabnya

“Ini adalah yang paling populer dan karismatik dari semua hewan fosil,” kata Michael Habib dari Natural History Museum of Los Angeles. “Mereka telah menjadi inspirasi bagi film yang tak terhitung jumlahnya. Mereka adalah bagian penting dari ekosistem global di seluruh dunia selama zaman dinosaurus, jadi mereka adalah kunci untuk memahami ekologi dan kepunahan pada waktu itu.”

“Sama seperti hewan terbang hari ini, [mereka] dapat membawa petunjuk penting tentang bagaimana hewan pada saat itu menanggapi perubahan besar dalam iklim.”

(Visited 37 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.