Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Vape Dilarang, Ini Dia Mengapa Rokok Elektrik Bisa Sebabkan Kematian

2 min read
vape dilarang

vape dilarang

Sharing is Caring

Indonesia adalah negara dengan jumlah perokok yang sangat banyak di dunia. Oleh karna itulah ajang persaingan bisnis rokok pun seru di Tanah Air ini. Persaingan rokok kretek, filter atau putih hingga yang paling baru adalah rokok elektrik dengan iklan-iklan yang terkadang menyesatkan.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat ternyata mengungkap hal yang sangat mengejutkan terkait rokok ini. Bukan rokok tembakau , namun justru rokok eletktriklah yang secara signifikan terdata menyebabkan kematian yang jelas.

Oleh karna itu hal ini perlu menjadi perhatian bagi para perokok elektrik yang sepertinya juga memiliki komunitas cukup banyak di Indonesia. Dari sebab negatif yang ditimbulkan, bahkan New York telah secara tegas mengeluarkan larangan peredaran rokok elektrik di sana.

Baca juga  3 Tanda Awal Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Telat

Sebagaimana CNN Indonesia melaporkan, setidaknya sudah 6 orang di AS meninggal akibat penyakit paru yang terkait dengan rokok elektrik atau vape. Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sudah lebih dari 450 kasus penyakit paru terjadi di 33 negara bagian AS terkait penggunaan vape.

Banyaknya masalah paru terkait vape, bahkan telah dikaitkan dengan kematian, New York akhirnya melarang peredaran semua rokok elektrik yang beraroma. Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan vape berbahaya dan menimbulkan kecanduan, terutama pada generasi muda.

“Ini jelas ditujukan untuk generasi muda dan sangat efektif menargetkan generasi muda,” kata Cuomo dalam konferensi pers di Mahanttan, Senin (16/9), dikutip CNN Indonesia dari Reuters.

Cuomo mengatakan komisioner kesehatan New York Howard Zucker bakal secara resmi melarang peredaran rokok elektrik selain tembakau dan mentol pada pertemuan darurat Public Health and Health Planning Council, pekan ini.

Baca juga  Inilah 3 Makanan dan Minuman Jika Sering Dikonsumsi Bisa Membuat Sel Kanker Bahagia

New York bakal menjadi satu dari dua negara bagian AS yang melarang peredaran rokok elektrik beraroma. Sebelumnya, negara bagian Michigan sudah melarang peredaran rokok elektrik awal bulan ini.

Nah, sudah jelas kan, gaya hidup dengan rokok vape ternyata sangat berbahaya atas kandungan zat kimia yang ternyata lebih berbahaya dari tembakau asli.

Sebuah fakta di Indonesia , banyak para perokok kretek yang sudah berpuluh tahun, namun tak ditemukan penelitian terjadinya kematian yang pasti atas tembakau tersebut. Bukan bermaksud mendukung para perokok kretek atau tembakau, namun yang harus diketahui, bahwa persaingan bisnis rokok ini telah membuat iklan iklan yang menyesatkan dan saling menjatuhkan.

Baca juga  Negara Dengan Harga Rokok Termahal

Hal terbaik memang tidak merokok. Namun daripada rokok elektrik, menurut hemat penulis masih lebih bagus rokok kretek asli buatan Indonesia.

(Visited 124 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.