Wed. Oct 28th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ternyata Ini Awal Mula yang Membuat Gus Dur Tak Bisa Melihat

2 min read
gus dur muda

gus dur muda

Sharing is Caring

Ketika KH Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur terpilih jadi Presiden, tak ada yang menyangka. Gus Dur berhasil jadi Presiden RI keempat, setalah dalam pemilihan di MPR, ia sukses mengungguli Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP. Megawati sendiri kemudian jadi wakilnya.

Banyak yang tak menyangka Gus Dur jadi Presiden. Bahkan banyak pula yang menyangsikan Gus Dur bisa menjalankan tugasnya sebagai Presiden secara normal. Maklum ketika itu Gus Dur punya masalah dengan penglihatannya. Gus Dur tak bisa melihat.

Pada waktu muda, mata Gus Dur sebenarnya normal-normal saja. Hanya Gus Dur sudah pakai kacamata minus karena kebanyakan baca. Tapi kemudian, Gus Dur tak bisa melihat. Penyebabnya bukan karena penyakit atau karena minus matanya. Tapi Gus Dur tak bisa melihat, karena sebuah kecelakaan.

Baca juga  5 Tragedi Yang Terjadi Pada Hari Jumat Tanggal 13 "Friday the 13th"

Greg Barton dalam bukunya,” Biografi Gus Dur: The Authorized Biography of Abdurahman Wahid (2016),” bercerita, ketika itu Gus Dur saat sedang jadi pengajar di Pesantren Denanyar mengalami kecelakaan. Ketika itu, saat sedang mengendarai motor Vespa, sebuah mobil menabraknya.

Gus Dur tak mengalami patah tulang. Tapi Kecelakaan itu membuat retina mata kirinya terlepas. Oleh dokter, Gus Dur disarankan cukup istirahat agar retinanya bisa kembali menyatu. Dokter menyarankan agar Gus Dur jangan banyak baca dulu. 

Tapi dasar Gus Dur bengal, ia tetap saja banyak baca. Gus Dur tetap beraktivitas seperti biasanya. Akibatnya kondisi retina matanya kian memburuk. Sampai akhirnya benar-benar rusak. Retina matanya tak bisa lagi menyatu. Hal itu berpengaruh pada penglihatan Gus Dur. Gus Dur sulit untuk melihat. 

Baca juga  Keajaiban Alam Indonesia yang Bikin Dunia Terpana, No 3 Ditakutkan Para Nahkoda
(Visited 443 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.