Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Pemain yang Pernah Membela Negara Lain

2 min read
Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly

Sharing is Caring

​Negara yang diperkuat oleh seorang pemain sepakbola bukan hanya berdasarkan tempat kelahiran mereka saja. Ada berbagai faktor seorang pemain untuk bisa memperkuat suatu negara.

Mulai dari keturunan kedua orang tuanya dan juga berapa lama dia tinggal di negara yang bersangkutan. Mengenai kasus ini, banyak pemain sepak bola yang ternyata memperkuat dua timnas berbeda.

Berikut ini Wanita Bola akan merilis, daftar 6 pesepakbola yang pernah membela negara lain.

1. Kalidou Koulibaly

Koulibaly dilahirkan di Prancis dari kedua orangtua yang berasal dari Senegal. Dia sendiri menjelma jadi bek papan atas di Eropa sejak bergabung dengan Napoli dari Genk pada 2014.

Koulibaly dulu sempat membela Prancis U-20. Namun, pada akhirnya dia malah berpaling untuk membela Senegal sejak 2015. Namun dia menyatakan tidak menyesal setelah Timnas prancis juara dunia tahun 2018.

Baca juga  Kekayaan Bukanlah Segalanya, Ini Dia 5 Pesepak Bola Paling Dermawan, Idola!

2. Cenk Tosun

Cenk Tosun merupakan seorang imigran Turki yang lahir dan hidup di Jerman. Ia juga berada dalam golongan yang sama dengan Hakan Calhanoglu, Nuri Sahin, dan Omer Toprak, serta Mesut Özil, dimana Ozil kemudian lebih memilih untuk memperkuat timnas Jerman.

Lahir dan besar di Frankfurt, Tosun kemudian bergabung dengan kesebelasan asal kota Eintracht tersebut selama dua musim. Di saat yang bersamaan, ia sempat memperkuat timnas Jerman di kelompok umur 21 tahun ke bawah. Setelahnya, Tosun kemudian kembali ke tanah leluhurnya dengan memperkuat Gaziantespor pada tahun 2011.

Tosun tercatat pernah membela Jerman sebanyak 2 kali.

3. Wilfried Zaha

Meski pernah dua kali membela Timnas Inggris, Wilfried Zaha membulatkan tekad untuk berpaling membela negara kelahirannya, Pantai Gading, di pentas sepak bola internasional.

Baca juga  Inilah Pertandingan dengan Gol Bunuh Diri Terbanyak Sepanjang Sejarah, Lebih dari 100!

Gelandang lincah Crystal Palace itu sejatinya sudah mengantongi dua caps bersama The Three Lions dalam dua laga persahabatan melawan Swedia dan Skotlandia pada November 2012 dan Agustus 2013.

4. Kevin Prince Boateng

Lahir di Jerman, sempat juga dia ternyata membela timnas junior Jerman, Kevin-Prince Boateng lantas memilih membela timnas Ghana, tanah leluhurnya. Namun, dia sempat dibenci publik sepak bola juara dunia empat kali tersebut.

Dia dibenci setelah insiden yang membuat Michael Ballack absen di Piala Dunia 2010. Sebuah tekel keras dilakukannya ketika Portsmouth melawan Chelsea di final Piala FA. Gara-gara itu, kapten timnas Jerman tersebut cedera parah dan gagal berangkat ke Afrika Selatan. Menariknya, Jerman dan Ghana lantas berada di satu grup pada babak penyisihan.

Baca juga  Belum 19 Tahun, 3 Pemain Akademi Ini Diprediksi jadi Bintang Masa Depan Manchester United

5. Diego Costa

Costa ternyata sempat membela tim nasional Brasil dua kali, sebelum akhirnya memutuskan hengkang ke tim nasional Spanyol.

Keputusannya ini mengundang kecaman dari kubu tim nasional Brasil. Pelatih timnas Brasil di Piala Dunia 2014, Luiz Felipe Scolari kala itu menilai tindakan Costa tidak bisa ditolerir.

Jika di Indonesia, Ezra Walian langsung tidak boleh memperkuat timnas Indonesia, setelah dinyatakan pernah membela timnas Belanda.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.