Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Makanan Mewah Para Raja Nusantara Yang Tidak Bisa Dinikmati Secara Leluasa Oleh Rakyat

2 min read
Makanan Mewah Para Raja Nusantara

Makanan Mewah Para Raja Nusantara

Sharing is Caring

Kehidupan para bangsawan memang selalu menarik perhatian. Banyak orang memimpikan hidup seperti mereka, dilayani dengan segala kemewahan dan juga kemudahan. Kehidupan para bangsawan dari nusantara juga tidak luput dari perhatian orang-orang yang mengaguminya. Banyak yang mencari tahu bagaimana para raja dan bangsawan hidup di masa lalu termasuk apa yang mereka makan. Dari hasil penelusuran inilah diketahui beberapa makanan yang biasa dikonsumsi para raja dan bangsawan Nusantara.

Pada tahun 3000 SM pada masa kerajaan di Nusantara tidak semua orang bisa memakan daging seperti saat ini. Rakyat jelata di masa lalu hanya bisa mengkonsumsi ikan, makanan sederhana dan hasil olahan air juga kebun lainnya. Para raja dan bangsawan biasa mengadakan pesta pada acara-acara tertentu. Makanan para Raja ini disebut Rajamangsa yang berasal dari dua kata yaitu Raja (pemimpin) dan mangsa yang artinya makanan.

Baca juga  Kurangi Minum ini kalau Mau Ginjalmu Bahagia! Sering Diminum Lelaki!

Rajamangsa ini memiliki bermacam jenis diantaranya telur (hanttrini), angsa (angsa), kijang (kidang), kera (wrai), kalong (kaluang), burung (alap-alap), bebek (andah). Makanan para Raja ini bisa diketahui dari relief yang terdapat pada candi Borobudur dan beberapa Prasasti diantaranya Prasasti Sangsang (907 M).

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.com para Raja dan bangsawan biasa mengadakan jamuan makan-makan. Jamuan tersebut memiliki aturan khusus seperti nasi yang di tumpuk setinggi bahu orang yang duduk bersila, serta lauk pelengkap yang terdiri dari daging domba, daging kambing, daging sapi, dan daging kerbau yang dipanggang. Sisa dari makanan yang melimpah inilah baru dibagikan pada rakyat jelata dan para pelayan sebagai anugerah.

Baca juga  Inilah Rencana Hitler Jika Nazi Menang dalam Perang Dunia Ke-II

Daging pada masa lalu merupakan makanan mewah yang tidak bisa dimakan oleh sembarang orang. Ada aturan khusus yang mengatur tentang tatacara dan jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh rakyat jelata. Ada aturan kasta tentang mengkonsumsi daging di masa lalu sehingga rakyat jelata tidak bisa leluasa memakannya seperti saat ini.

Selain makanan di atas, ada juga beberapa jenis camilan yang bisa disantap para Raja yang masih bisa dinikmati hingga saat ini diantaranya adalah kue lapan jam dan gulo puan dari Palembang, jadah dan dawet dari Jawa dan banyak lagi. Semua bisa dinikmati siapa saja asal memiliki kuasa untuk mendapatkannya.

(Visited 28 times, 1 visits today)