Wed. Oct 28th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ada Skenario ‘Jahat’ Dibalik Terpilihnya Irjen Firli Bahuri dan Revisi UU KPK?

1 min read
Irjen Firli Bahuri ketua kpk

Irjen Firli Bahuri ketua kpk

Sharing is Caring

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama ini menjadi ujung tombak dari pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun sejak berdirinya, korupsi seakan tak pernah reda, malah justru semakin menggejala.

Para koruptor pun tak kehilangan akal untuk mengelak dari kejaran KPK. Berbagai upaya dilakukan untuk melemahkan KPK, mulai dari teror hingga mengubah KPK melalui lembaga yang berwenang.

Menurut penuturan Ketua KPK saat ini, DPR menjadi sarang terbesar dari para koruptor. Namun disisi lain, DPR punya kewenangan untuk mengatur KPK, mulai dari memilih pimpinan hingga membuat undang-undang.

Wewenang inilah yang kemudian ‘dimanfaatkan’ DPR untuk memilih pimpinan dan merevisi undang-undang sesuai dengan keinginan mereka meskipun banyak ditentang oleh masyarakat maupun internal KPK.

Baca juga  GNPF-Ulama Bakal Kembali Dukung Prabowo Jika Ikut Indonesian Idol? Waduh, Sinis Banget!

Dibalik semua yang dilakukan DPR, pengamat politik mensinyalir adanya skenario jahat guna melemahkan KPK sehingga sepak terjang mereka yang mau berbuat jahat lebih leluasa, apalagi menjelang pemindahan ibukota.

Bila ibukota jadi dipindahkan, akan ada dana besar yang mengalir untuk proses pembangunan. Jika KPK tidak diperkuat, bisa jadi dana besar tersebut akan jadi bancakan.

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Yusfitriadi menyatakan Jokowi sangat membutuhkan KPK untuk mengawasi proyek pembangunan ibukota baru, dengan kondisi KPK saat ini, bisa jadi pengawasan tersebut akan luput dari pantauan KPK.

Benarkah demikian yang akan terjadi? Kita lihat saja perkembangannya.

(Visited 147 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.