Sun. Aug 9th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Keluarga Cendana Tidak terlihat di acara Pemakaman BJ Habibie, ini alasannya

2 min read
Keluarga Cendana tidak terlihat di pemakaman habibie

Keluarga Cendana tidak terlihat di pemakaman habibie

Sharing is Caring

Berpulangnya presiden ke-3 RI, BJ Habibie ke pangkuan Illahi diyakini meninggalkan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, almarhum dikenal sebagai pribadi yang cerdas, sukses, kaya-raya, namun tetap rendah hati dan bijaksana.

Namun meski diyakini semua masyarakat Indonesia berduka, ternyata ada pihak yang harusnya hadir di proses pemakaman, namun malah tak satupun terlihat di lokasi, baik di rumah duka, di kawasan Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, maupun di pemakaman Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Pihak yang tak terlihat hadir itu adalah keluarga besar Presiden RI ke-2 Soeharto, atau yang akrab disebut ‘Keluarga Cendana’. Diakui Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, ia tidak melihat anak-anak dari Soeharto di rumah duka ataupun saat pemakaman.

Baca juga  Tim Sembilan Golkar : Dalam 100 Hari, Satu Menteri Kerjanya Cuma Bikin Logo

“Nggak ada (geleng kepala), mungkin mereka sibuk, sedang ke luar kota. Saya tidak tahu,” kata Rubijanto di rumah duka BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, dilansir dari Detik.com, (12/9/2019).

Yang mengejutkan, Rubijanto bahkan mengatakan keluarga Habibie selalu mengundang Keluarga Cendana setiap kali acara besar digelar. Tapi, menurutnya, keluarga Soeharto tak pernah hadir.

“Setiap acara besar, acara ulang tahun, acara buka puasa, kita selalu undang,” ujarnya.

“Belum pernah (hadir),” sambung Rubijanto.

Namun kini yang jadi pertanyaan adalah, apakah alasan dibalik tidak hadirnya satupun perwakilan dari Keluarga Cendana tersebut? Mengenai hal itu, Sekjen Partai Berkarya yang dipimpin oleh salah satu anak Soeharto yakni Tommy Soeharto memberikan penjelasan.

Baca juga  Permadi: DKI Banjir Lagi, Kita Ucapkan Selamat Buat Anies! Demokrat Langsung Bilang Begini

Penjelasan itu ia awali dengan mengatakan jika Partai Berkarya turut berdukacita atas meninggalnya BJ Habibie.

“Keluarga Besar Partai Berkarya merasa kehilangan besar dan menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya guru bangsa Prof Habibie. Saya sendiri secara personal dekat dengan Pak Habibie. Di ICMI saya waketum, waketum bareng-bareng dengan Ilham Habibie, Muhammad Nuh, Sugiharto,” ucap Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso kepada wartawan, dilansir dari Detik.com, (12/9/2019).

Setelah mengungkapkan jika Partai Berkarya turut berduka, ia kemudian menyampaikan alasan kenapa Tommy Soeharto atau perwakilan dari Keluarga Cendana tak menghadiri pemakaman Habibie atau absen, Priyo mengatakan jika Tommy Soeharto saat ini sedang tak di Jakarta.

Baca juga  Begini Penampilan Thareq Kemal Habibie Tanpa Penutup Mata

“Beliau sedang di luar kota,” ucap Priyo.

(Visited 464 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.