Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Macam-Macam Hidangan Gudeg yang Ngangenin, Udah Tahu?

3 min read
Gudeg

Gudeg

Sharing is Caring

Gudeg salah satu kuliner khas Yogyakarta yang memiliki rasa manis gurih yang ngangenin. Tapi ternyata Gudeg tak melulu manis lho. Ada juga yang rasanya pedas atau menggunakan bahan yang tak biasa.

Apalagi kalo sedang wisata ke Jogja, kita bisa membeli gudeg di berbagai tempat makan khusus gudeg atau bisa juga dipesan melalui toko oleh-oleh. Nah, berikut info macam-macam hidangan gudeg tradisional sampai yang kekinian dan jadi buruan generasi milenial.

  1. Gudeg Kering

Gudeg kering memang disajikan dalam keadaan kering tanpa tambahan areh kental. Selain itu, ciri khas gudeg kering adalah cita rasa manisnya yang kuat dengan tekstur nangka yang lebih kesat. Sebab, gudeg kering biasanya dimasak dalam waktu yang lebih lama sehingga kuahnya surut dan gulanya meresap hingga ke bagian dalam gudeg. Tekstur kering inilah yang membuat gudeg jenis ini lebih tahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Nah, kita bisa coba Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon hingga Gudeg Bu Tjitro yang disajikan dalam wadah kaleng sehingga lebih awet dan praktis dibawa ke mana saja.

Baca juga  Makanan Ini Sering Dikira Sehat Padahal Berbahaya, No 2 Sering Kamu Makan

2. Gudeg Basah

Gudeg basah merupakan jenis gudeg yang paling populer dan mudah dijumpai di Jogja. Seperti umumnya gudeg, varian ini terdiri dari gudeg nangka yang disajikan bersama berbagai lauk pelengkap seperti ayam, telur pindang, krecek, lalu disiram sejenis kuah kental berwarna putih kekuningan. Kuah dari areh atau kepala santan bertekstur kental dan sedikit berminyak inilah yang menghasilkan kesan basah pada sajian gudeg. Nah, selain disajikan bersama nasi hangat, gudeg basah biasanya cocok juga disajikan bersama bubur hangat. Kalo penasaran dengan cita rasa gudeg basah yang lembut dan legit, ada beberapa tempat legendaris yang patut dikunjungi. Mulai dari tempat makan bernama Gudeg Permata, Gudeg Tugu hingga Gudeg Mbah Lindu yang diyakini sebagai penjual gudeg tertua di Jogja.

Baca juga  Ide Sajian Kue Tradisional Dengan Kemasan Cantik, Nomor 5 Paling Unik

3. Gudeg Manggar (dari bunga pohon kelapa yang masih muda)

Berbeda dari gudeg dari nangka muda, gudeg manggar merupakan jenis gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga pohon kelapa yang masih muda. Cita rasa gudeg manggar juga lebih gurih dan bertekstur akas atau kesat saat disantap.

4. Gudeg Mercon buat yang nggak suka manis

Gudeg Mercon justru terkenal karena rasa pedasnya yang meledak-ledak di lidah. Rasa pedas nan kuat ini berasal dari campuran cabai rawit yang melimpah, bahkan hingga menutupi permukaan gudeg. Untuk mencicipi gudeg mercon, kita bisa mengunjungi warung gudeg mercon Bu Tinah yang legendaris hingga Gudeg Bromo Bu Tekluk yang sudah ada sejak 1984 silam.

5. Gudeg Ceker

Meski asalnya dari Solo, gudeg ceker juga cukup populer di Yogyakarta karena rasanya yang gurih. Sesuai namanya, gudeg ini memang menggunakan bahan utama berupa ceker ayam yang dimasak dengan aneka bumbu hingga empuk. Selain itu, gudeg ini juga lebih basah dan berkuah, karena disajikan bersama areh dan sambal krecek. Perpaduan ceker empuk dan aneka bumbu gurih ini bisa menjadi alternatif buat yang kurang suka sajian bercita rasa manis nan pekat. Nah, bila penasaran dengan rasanya, kita bisa mengunjungi warung Gudeg Ceker Seturan yang berada di daerah Sleman.

Baca juga  Banyak Yang Tidak Tahu, Ternyata Bagian Dari 3 Buah Ini Bisa Beracun

6. Gudeg Geprek yang hits di Jogja

7. Gudeg Bagong dalam kaleng yang menggunakan resep asli turun temurun dari Yu Djum, pendiri gudeg legendaris khas Yogyakarta

8. Gudeg Solo yang rasanya lebih gurih

9. Gudeg Salak yang merupakan inovasi kuliner di RM Pawon Pariyem, Yogyakarta dengan sensasi rasa yang berbeda dengan gudeg biasa begitu sesuap masuk ke mulut

10. Bubur Gudeg khas Solo

Gudeg emang ngangenin ya.

(Visited 9 times, 1 visits today)