Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Roket India Nyaris Mendarat Di Bulan, Lalu Indonesia Kapan? Ternyata Begini Jawabannya

1 min read
India mendarat di bulan

India mendarat di bulan

Sharing is Caring

Prestasi baru terukir dalam pencapaian teknologi antariksa India. Negara ini sukses meluncurkan misi roket Chandrayaan-2 ke antariksa (luar angkasa) dan ‘nyaris’ mendarat di bulan.

Misi India mendarat di bulan memang gagal, hal ini dikarenakan komunikasi antara wahana pendaratan (lander) dengan tim di bumi terputus.

“Komunikasi dari lander ke ground station terputus. Komunikasi hilang,” kata Chairman Indian Space Research Organization (ISRO), Kailasavadivoo Sivan, seperti yang dilansir di detik.com (09/09/19).

Kendati begitu, Perdana Menteri India, Narendra Modi mengaku bangga dengan prestasi yang dicapai negaranya. Narendra menghargai kerja keras tim yang menjalankan misi mendarat ke bulan, sekalipun gagal.

“Di kehidupan, ada naik turun. Negara bangga pada kalian. Semua kerja keras kalian mengajari kita sesuatu, harapan untuk yang terbaik,” kata Narendra, seperti yang dilansir di detik.com (09/09/19).

Baca juga  Tanpa Sadar, Pemuda ini Memelihara Lintah di dalam Tenggorokannya

Lalu Indonesia kapan?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof Thomas Djamaluddin mengatakan saat ini Indonesia tidak fokus pada misi mendarat di bulan. Salah satu penyebabnya, kata dia, adalah keterbatasan anggaran.

“Indonesia dengan segala keterbatasan, terutama dari aspek anggaran, belum masuk ke eksplorasi antariksa yang lebih luas. Jadi untuk program ke bulan, termasuk program astronot Indonesia pun saat ini belum prioritas,” kata Thomas, seperti yang dilansir di detik.com (09/09/19).

Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

(Visited 15 times, 1 visits today)