Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Fenomena Baru Di Korea, Bekukan Sel Telur Untuk Cegah Kepunahan

2 min read
Ham So-won

Ham So-won

Sharing is Caring

Koreaboo.com (9/9/2019) – Korea Selatan menyuarakan keprihatinan mengenai demografi masa depannya. Pemerintah memperkirakan bahwa populasi Korea bisa punah pada 2750.

Pada tahun 2045, usia rata-rata penduduk Korea Selatan bisa mencapai 50.

Meskipun negara-negara maju lainnya melihat perubahan demografis yang serupa, tingkat kelahiran di Korea Selatan turun menjadi kurang dari satu anak per wanita.

Meskipun hal ini dikaitkan dengan individu yang memilih untuk memiliki lebih sedikit anak, ada kekhawatiran yang meningkat atas masalah infertilitas pada pria dan wanita. Bertambahnya usia, dan dengan meningkatnya usia pernikahan bagi orang Korea, hal ini menyebabkan semakin banyak kasus yang mengkhawatirkan.

Menurut Badan Populasi PBB, rata-rata wanita di Korea memiliki anak pertama ketika berusia 32,3 yang lebih tua empat tahun dari rata-rata dunia.

Baca juga  Ingat Dengan Band Laluna? Lama Tak Terdengar, Ternyata Begini Kabar Mereka Sekarang

Penurunan fungsi ovarium dikaitkan dengan usia dan menjadi umum terlihat pada wanita di atas usia 35. Ini berarti penurunan jumlah sel telur yang membuat peluang untuk hamil lebih sulit.

Rata-rata orang Korea menikah kemudian memilih untuk membekukan sel telur mereka. Jumlah wanita yang mengajukan pembekuan telur meningkat dari kurang dari 100 pada 2011 menjadi 1.786 pada 2017.

Para peneliti mengaitkan hal ini dengan wanita yang belum menemukan pasangan tetapi tidak mau mengambil risiko menghadapi kemandulan jika mereka menikah.

Wanita didorong untuk membekukan sel telur mereka sebelum mencapai usia 35 sehingga akan ada peluang lebih tinggi untuk mengumpulkan telur berkualitas tinggi. Oleh karena itu, banyak wanita muda Korea memilih untuk melakukan hal ini.

Baca juga  Ternyata Ini 4 Alasan Mengapa Rel Kereta Api Diberi Batu Kerikil

Ini merupakan prosedur yang juga disarankan oleh dokter yang mendorong para wanita untuk menjalani pembekuan sel telur pada usia paling subur.

Demikian pula semakin banyak pria yang memilih untuk membekukan sperma mereka, karena jumlah pria dengan kasus infertilitas meningkat dua kali lipat selama sepuluh tahun terakhir.

Beberapa selebritas Korea terang-terangan ingin sel telurnya dibekukan, termasuk aktris Ham So-won yang menjalani prosedur di awal usia empat puluhan.

(Visited 14 times, 1 visits today)