Sun. Dec 15th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ditemukan ‘Iphone’ Dalam Makam Berusia 2.137 Tahun

1 min read
iPhone Purba

iPhone Purba

Sharing is Caring

Ancient Origins.net (9/9/2019) – Seorang wanita zaman Xiongnu kuno membawa aksesori mirip dengan smartphone modern ke dalam pemakamannya — menurut arkeolog, Pavel Leus.

Objek hitam persegi panjang itu terletak di situs pemakaman yang dikenal sebagai ‘Atlantis Rusia’ di Republik Tuva yang bergunung-gunung, karena hanya muncul dari bawah air selama beberapa minggu dalam setahun.

Para arkeolog dengan bercanda menjuluki asesorisnya ‘iPhone’.

“Pemakaman Natasha dengan iPhone era Xiongnu tetap menjadi salah satu yang paling menarik di situs pemakaman ini,” kata Pavel Leus dalam sebuah publikasi baru yang merangkum hasil beberapa tahun ekspedisi arkeologis baru-baru ini ke situs pemakaman Ala-Tey.

Baca juga  6 Perpustakaan Terlarang Diseluruh Dunia, No. 1 Bisa Kamu Akses

Tenemuan itu terdiri dari sabuk gesper sepanjang 18cm, terbuat dari batu permata dengan dekorasi hias pirus, akik dan mutiara.

Sabuk wanita itu dihiasi dengan koin wuzhu Tiongkok yang membantu para ilmuwan mengidentifikasi usia makam yang mungkin berusia 2.137 tahun, karena ini adalah saat koin tersebut pertama kali dicetak.

Temuan itu dibuat pada tahun 2016 di nekropolis Ala-Tey di Laut Sayan.

Ini adalah waduk buatan manusia raksasa di Sungai Yenisei hulu dari Bendungan Sayano-Shushenskaya, pembangkit listrik terbesar di Rusia.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.