Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Pekerjaan Para Pribumi Pada Zaman Hindia Belanda Ini Bisa Membuatmu Menangis

2 min read
Zaman Hindia Belanda

Zaman Hindia Belanda

Sharing is Caring

Indonesia telah dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa Belanda. Bersyukurlah saat ini kita telah merdeka berkat perjuangan para nenek moyang di masa lalu. Para pejuang ini rela mengorbankan segalanya asalkan anak cucu bisa hidup bebas. Mereka tahu bahwa hidup di bawah bangsa penjajah sangatlah tidak nyaman. Orang pribumi tidak bebas berusaha maupun mengerjakan apa yang mereka mau. Umumnya para pribumi hanya bisa bekerja sebagai pegawai rendahan. Meskipun sangat tertekan dan tersiksa mereka tetap rela melakukannya demi memenuhi kebutuhan hidup. Di bawah ini ada beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan para pribumi pada masa kolonial Belanda. Siapkan saputangan atau tisu.

  1. Jadi pembantu atau babu
Baca juga  Ternyata Ini Awal Mula yang Membuat Gus Dur Tak Bisa Melihat

Pekerjaan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Orang pribumi dijadikan pembantu oleh para penguasa Belanda. Berbeda dengan pembantu zaman sekarang yang lebih diperlakukan secara manusiawi, para pembantu pada zaman Belanda biasa juga disebut babu ini harus sangat patuh pada majikannya. Mereka biasa duduk di bawah, tidak berani melebihi sang majikan.

2. Pengasuh

Kebanyakan para wanita pribumi bekerja sebagai pengasuh anak-anak orang Belanda. Pekerjaan ini bahkan sudah dilakukan oleh para gadis kecil.

3. PNS

Seperti zaman sekarang, pada zaman kolonial Belanda juga sudah ada PNS. Para pribumi sangat mendambakan bekerja sebagai PNS karena mereka mendapatkan gaji yang layak, kedudukan yang terhormat dan beragam kenyamanan lainnya.

Baca juga  5 Fakta Aneh Dari Air Mata yang Mengusik Rasa Ingin Tahu

4. Tukang kebun

Salah satu alasan Belanda menguasai nusantara karena negeri ini kaya akan sumberdaya alam dan tanah yang sangat subur. Perkebunan merajalela pada zaman tersebut. Banyak pribumi yang bekerja sebagai tukang kebun. Umumnya pekerjaan ini diwariskan secara turun temurun.

5. PSK

Salah satu pekerjaan tertua adalah PSK. Jauh sebelum Belanda menjajah negeri ini pekerjaan sebagai wanita penghibur sudah ada bahkan sejak zaman Romawi kuno.

6. Tukang tandu

Kendaraan beroda belum populer pada saat itu. Para pejabat Belanda harus memantau beberapa daerah kekuasaannya hingga harus bepergian ke berbagai tempat. Tentunya akan sangat melelahkan jika melewati perjalannan dengan berjalan kaki. Para pria pribumi pada masa itu banyak yang bekerja sebagai tukang tandu.

Baca juga  Jarang Kedengeran Ribut, Siti Badriah Ungkap Trik Jitu Selesaikan Masalah Dengan Pasangan

7. Pedagang

Pedagang juga merupakan salah satu pekerjaan paling tua di dunia. Pada masa itu banyak sekali orang pribumi yang bekerja sebagai pedagang baik tua maupun muda.

8. Polisi

Polisi pada zaman Belanda merupakan salah satu pekerjaan yang dianggap elit. Mereka bekerja untuk menjaga ketertiban umum. Para petinggi polisi pada saat itu dipegang langsung oleh orang Belanda sementara para anak buah diduduki oleh kaum pribumi.

Betapa menyedihkan nya menjadi budak di negeri sendiri. Bersyukurlah untuk hari ini semoga Indonesia tetap jaya.

(Visited 25 times, 1 visits today)