Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Darimanakah Asal Mula Kebaya Yang Katanya Bukan Asli Nusantara?

2 min read
Asal Mula Kebaya

Asal Mula Kebaya

Sharing is Caring

Selama ini kita tahu bahwa kebaya adalah pakaian resmi dan asli dari nusantara. Sejak zaman dahulu para wanita senang sekali memakai baju kebaya. R.A Kartini merupakan salah satu tokoh negeri ini yang juga sangat menyukai kebaya. Tahukah kamu meskipun kebaya telah lama berada dan populer di negeri tercinta ini ternyata jenis pakaian ini berasal dari negeri seberang.

Kebaya berasal dari kata bahasa Arab yaitu abaya yang berarti pakaian. Ada juga yang mengatakan bahwa kebaya berasal dari kata Jawa yaitu Mbayak atau Kebyak. Pada zaman Belanda, para nyonya merasa gerah dengan pakaian ala Victoria yang cukup tebal dan ribet. Pakaian ini dianggap tidak cocok dengan iklim Indonesia yang cenderung panas dan basah. Para wanita bangsa Belanda ini kemudian memakai kebaya yang di modifikasi sedemikian rupa sehingga lebih berbeda dengan kebaya yang biasa dipakai wanita pribumi.

Baca juga  Biar Nggak Norak, Ini 3 Inspirasi Padu Padan Dress Dan Sepatu Sneaker Yang Keren Maksimal

Orang Tionghoa di Nusantara juga memiliki kebaya sendiri yang diberi nama kebaya Encim. kebaya ini memiliki corak dan gaya khusus yang membedakannya dengan kebaya lain. Kebaya encim sendiri berasal dari kebudayaan Betawi yang bercampur dengan kebudayaan Tionghoa.

Menurut beberapa cerita, Baju kebaya berasal dari negeri Cina yang masuk pada zaman kerajaan Sriwijaya. Pada masa itu orang Cina sering melakukan perdagangan ke daerah Nusantara atau mengirimkan berbagai hadiah berupa baju, kain dan banyak lagi ke pihak kerajaan Sriwijaya. Baju para wanita dari dinasti Song inilah yang kemudian inspirasi terciptanya kebaya yang sering dipakai para wanita pribumi sejak zaman dahulu.

Versi lain mengatakan bahwa kebaya berasal dari Timur Tengah. Pakaian ini dibawa oleh para saudagar yang berdagang ke negeri ini. Ada juga yang mengatakan bahwa pakaian ini berasal dari India Selatan. Kebaya diyakini berasal dari nama Cabaia sebuah tempat penghasil tekstil dan beragam pakaian.

Baca juga  Portal Menuju Alam Lain

Dari manakah asal mulanya kebaya? yang jelas pakaian ini telah ada sejak zaman dahulu dan tetap populer di Indonesia. Hingga kini kebaya masih menjadi salah satu jenis pakaian yang dicintai para wanita negeri ini.

(Visited 11 times, 1 visits today)