Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Keberadaan Senjata Kimia Dan Biologi Tak Terbukti, Saddam Tetap Dieksekusi. Ini Alasannya!

2 min read
Senjata Kimia Dan Biologi

Senjata Kimia Dan Biologi

Sharing is Caring

Tahun 2003, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi yang menuding Irak memroduksi senjata pemusnah massal, baik berupa senjata kimia maupun biologi. Resolusi itu memberikan wewenang kepada pasukan koalisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat untuk menyerang negeri yang dipimpin oleh Presiden yang sudah berkuasa selama 24 tahun.

Dengan wewenang itu, pasukan koalisi menyerang Irak di bulan Maret 2003. Hanya dalam hitungan hari, Irak takluk. Saddam Hussein dan para pendukungnya tercerai-berai. Uday dan Qusay, dua anak pemimpin Irak terguling itu, tewas dalam kontak tembak yang tidak seimbang di sebuah villa di Moshul. Ikut tewas bersama keduanya, cucu kesayangan Saddam, Musthafa.

Baca juga  Pendiri Agung Sejagat dan Sunda Empire Dibui, Pengamat: Jangan Main-main dengan Sejarah!

Saddam Hussein ditangkap hidup-hidup di desa Dwar, Tikrit. Saat ditemukan, Saddam berada di sebuah bunker sederhana yang dibuat oleh seorang petani, Ala Namiq. Setelah penangkapan itu, Saddam menjalani proses pengadilan atas kejahatan kemanusiaan semasa dia memerintah Irak. Salah satunya adalah penggunaan senjata kimia di kawasan Halabja yang dihuni oleh suku Kurdi, yang menewaskan 5.000 warga suku itu tahun 1988.

Saddam diadili sejak tahun 2003, 15 tahun sesudah peristiwa Halabja. Proyek senjata kimia dan biologi, sudah tidak lagi dilanjutkan pemerintah Irak karena ketiadaan dana. Resolusi Dewan Keamanan PBB soal senjata pemusnah massal di Irak, tidak terbukti hingga Saddam Hussein dijatuhi hukuman mati dan menjalani eksekusi, 30 Desember 2006. Bagaimana pun, senjata kimia dan biologi hanya sasaran antara, yang tidak perlu dibuktikan kebenarannya. Yang terpenting adalah menjatuhkan kepemimpinan Saddam yang mengganggu hegemoni Amerika di Timur Tengah.

Baca juga  Jembatan ini Terkenal Angker di Indonesia!
(Visited 20 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.