Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

7 Bahan Alami Untuk Keramas Ini Bisa Menggantikan Sampo Dan Bebas Bahan Kimia

3 min read
Bahan Alami Untuk Keramas

Bahan Alami Untuk Keramas

Sharing is Caring

Berbagai merek sampo membanjiri pasaran. Kita sampai bingung memilih yang mana yang paling cocok untuk dipakai keramas.

Ada yang berkhasiat anti ketombe, anti kusut, anti jamur dan sebagainya. Mengandung kondisioner atau tidak, mengandung zat pelindung hingga pewarna. Semua tersedia di swalayan

Tapi tahukan kamu bahwa bahan pangan, buah-buahan dan sayuran di pasar ternyata juga punya khasiat untuk perawatan rambut. Bisa jadi lebih unggul, karena bukan terbuat dari zat kimia. Jadi lebih aman untuk kulit kepala.

Resep Sampo Tradisional yang Bagus bagi Rambut Anda

Ini adalah beberapa dari bahan-bahan alami yang pas sekali untuk dijadikan sampo atau piranti keramasmu, sebagaimana diulas di bp-guide.id, sebagai berikut.

1.Telur

Bahan makanan ini ternyata sangat bagus untuk memperkuat akar rambut, melembabkan dan mencegah kerontokan. Akan lebih bagus jika dicampur dengan baking soda sebagai bahan pelarut asam dari kulit kepala.

Caranya:

  • kocok sebutir telur didalam mangkok (jumlah telur disesuaikan dengan ketebalan rambut). Gunakan telur ayam kampung. Campurkan dengan setengah sendok teh baking soda dan tambahkan air sedikit. Aduk merata.
  • pijat larutan tersebut di rambut dan kulit kepala hingga merata dan tunggu hingga beberapa menit.
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih.
  • Campuran ini juga bisa dijadikan sebagai masker kulit kepala. Cukup usapkan dan biarkan sekitar 15 menit saja sebelum Kamu keramas.
Baca juga  Fenomena Baru Di Korea, Bekukan Sel Telur Untuk Cegah Kepunahan

Baking soda ini juga mampu melarutkan zat klorin yang berasal dari kolam renang, setelah kita berenang

2.Jeruk Nipis

Sudah sejak lama zat-zat dalam jeruk nipis ini dikenal mampu menyikat ketombe pada kulit kepala. Bahan ini pun dapat membuat rambut berkilau, lembut, dan sehat.

Caranya mudah:

  • Oleskan irisan buah jeruk nipis saat melakukan bilasan terakhir seusai keramas. Gunakan seperti kondisioner, yaitu saat terakhir sebelum dibilas air.
  • Usap larutan tersebut pada rambut.
  • Biarkan mengering hingga 15 menit sebelum dibilas.
  • Lakukanlah minimal dua kali seminggu secara teratur.

3.Alpukat

Buah ini juga mampu memperkuat akar rambut sehingga menghilangkan kerontokan. Selain itu, alpukat mampu mempertahankan kelembaban rambut sehingga tidak mudah kering dan kusam.

Baca juga  Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker

Caranya: haluskan daging alpukat dengan air dan usapkan ke rambut. Campurkan dengan sedikit santan supaya mudah diserap kulit kepala.

Diamkan selama beberapa menit hingga bahan meresap lalu bilas.

4.Madu

Khasiat madu dengan vitamin C yang tinggi, dapat menyuburkan dan menyehatkan rambut, menghilangkan ketombe, hingga mengatasi kebotakan. Caranya:

  • Campurkan madu (asli) dengan minyak zaitun, masing-masing 3 sdm.
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Biarkan selama 15 menit sebelum membasuhnya hingga bersih.
  • Lakukan dua kali seminggu secara teratur.

5.Santan

Santan mampu mengembangkan rammbut. Bahan ini juga melembabkan dan mencegah rambut kering. Dikenal sebagai pencegah rontok, santan ternyata mampu untuk mengurangi penipisan rambut. Gunakan juga sebagai kondisioner. Berikut cara pakainya:

  • Setelah keramas, ambil santan dari kelapa asli ataupun santan kelapa instan yang tersedia di pasaran. Oleskan dan pijat (massage) kulit kepala dengan lembut.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas
  • Lakukan tiga kali seminggu secara teratur untuk mendapat hasil yang kamu mau.
Baca juga  Produk Komersial yang Berbahaya Jika Sering Digunakan

6.Teh

Teh mampu mengendalikan minyak berlebih pada kulit kepala, melembutkan dan menghaluskan rambut, hingga mengatasi ketombe.

Teh hijau atau pun teh hitam sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi rambut. Gunakan setiap hari , cukup satu cangkir. Caranya:

  • Basahi dan pijat rambut dengan seduhan air teh yang sudah didinginkan.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas.
  • Lakukan secara teratur tiap harinya.

7.Kemiri

Kemiri bisa menghitamkan sekaligus membuat rambut berkilau. Minyak kemiri memang banyak dijual di pasaran. Tapi jika ada waktu dan punya banyak stok kemiri di dapur, apa salahnya membuat sendiri.

Gunakan beberapa butir kemiri yang sudah di sangrai, lalu di tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan minyak zaitun secukupnya hingga menjadi olesan. Sesuaikan jumlahnya dengan ketebalan rambut. Gunakan sebagai kondisioner setiap hari.

(Visited 125 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.