Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

7 Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Teknologi Game

3 min read
Universitas di Indonesia

Universitas di Indonesia

Sharing is Caring

Industri game memang sangat berkembang pesat di dunia, termasuk di Indonesia. Tapi, Indonesia selama ini hanya menjadi pasar industri game. Padahal industri semacam ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian, karena tidak membutuhkan lahan yang besar tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Karena hal tersebut, banyak universitas di Indonesia yang sangat mendukung kemajuan industri game dengan menyediakan jurusan teknologi game.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung menawarkan jurusan teknologi game di jenjang S2 dengan nama Teknologi Media Digital dan Game. Jurusan ini adalah bagian dari Teknik Elektro dan Informatika. Di jurusan ini terdapat beberapa mata kuliah diantaranya 3D Modelling & Animasi, Design Methodology, Game Engine Design & Development, Multimedia System, dan Intelligent Game Theory. Kalian bisa masuk ke program studi ini mulai dari jenjang S1 atau D4.

Baca juga  5 Bocoran Film Spiderman: Far From Home. Nomer 2 Bikin Kamu Nyesek

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November juga membuka jurusan teknologi game pada jenjang S2. Jurusan ini merupakan hasil kerja sama dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Pada jenjang S1, program studi teknologi game ini merupakan bagian dari jurusan Teknik Komputer.

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Kampus ini membuka jurusan teknologi game pada jenjang D4. Di jurusan ini mahasiswa akan dibekali kemampuan dalam hak teknis, desain, sosial, sosial dan komunikasi, serta kemampuan berwirausaha di bidang industri game. Jurusan ini mendukung industri kreatif di Indonesia untuk mencetak tenaga ahli dalam developer game. Jurusan ini sudah ada sejak 2012 lalu dan hanya menerima 30 mahasiswa baru, jadi kalian haru bersaing jika ingin masuk di kampus politeknik nomor satu di Indonesia ini.

Baca juga  Misteri dan Hal Mengerikan Di Luar Angkasa

4. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)

Universitas Bina Nusantara ternyata juga membuka jurusan teknologi game dengan nama Game Application and Technology sejak tahun 2011 lalu. Jurusan ini berfokus pada kemampuan game art, game design, dan game programming. Setelah lulus dari jurusan ini kali bisa bekerja sebagai Game Engineer, Game Developer, Game Artist, Game Designer, Game Director, Game Content Provider, Entrepreneur Game Consultant, ataupun bisa menjadi pengajar di bidang multimedia dan game.

5. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang juga ingin menciptakan developer game berkualitas lewat program studi D3, yakni game animasi yang akan memberikan kemampuan untuk membuat game 2D maupun 3D. Jika berminat, kalian bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 melalui Desain Komunikasi Visual yang berfokus pada bidang game atau non-multimedia.

Baca juga  7 Hal Luar Biasa yang Belum Pernah Kita Ketahui Tentang Bumi

6. Universitas Ciputra

Teknologi game di Universitas Ciputra merupakan bagian Teknik Informatika. Studi ini berfokus pada pengembangan aplikasi dan game dengan menggunakan tool terkini, seperti Unity. Program studi ini tidak hanya berbasis Android tetapi juga iOS dengan kurikulum Developer Education Program dari Apple.

7. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Kompas Gramedia selaku pemilik kampus ini membuka jurusan teknologi game. Mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk terjun di industri game karena berfokus pada desain visual. Jika menjadi lulusan di jurusan ini, kalian bisa menjadi 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Chinematics Director, Concept Artist, dan Art Gamr Director.

Itulah beberapa kampus yang memiliki jurusan teknologi game. Jika kalian ingin melanjutkan kuliah di jurusan teknologi game, kampus di atas bisa menjadi pilihan.

(Visited 101 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.