Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Fakta Pecinta Bumi Datar yang Bikin Kamu Heran

4 min read
Sharing is Caring

Flat-Earthers (FE) atau penggemar/pecinta bumi datar, seperti namanya, adalah orang-orang yang percaya bahwa Bumi itu datar, terlepas dari semua bukti yang bertentangan. FE percaya bahwa Bumi bulat adalah kebohongan yang dipromosikan oleh pemerintah, badan antariksa, dan perusahaan swasta. Tapi konyolnya, FE justru percaya bahwa Mars itu bulat.

Untuk membuktikan bahwa Bumi itu datar adalah sebuah pekerjaan berat bagi para FE dan mereka sering berusaha keras untuk membuktikannya, bahkan jika itu berarti membuat klaim yang konyol, meluncurkan roket dan satelit, atau mencoba melakukan perjalanan ke tepi Bumi. Berikut adalah 6 fakta aneh yang tidak pernah Anda ketahui tentang flat-Earthers.

6 Mereka Percaya Mars Itu Bulat

Referensi pihak ketiga

Pada November 2017, pengusaha terkenal Elon Musk men-tweet pertanyaan, “Mengapa tidak ada kelompok Flat-Mars !?” para Flat-Earth Society menjawab dengan akun Twitter terverifikasi mereka, “Hai Elon, terima kasih atas pertanyaannya. Berbeda dengan Bumi, Mars telah diamati berbentuk bulat. ” Jawaban ini mengejutkan karena kita semua mungkin berasumsi bahwa para FE juga menganggap Mars datar.

5. Mereka Merencanakan Perjalanan Ke Tepi Dunia

Sebagian besar FE percaya bahwa ujung bumi datar dikelilingi oleh dinding es, itulah sebabnya tidak ada yang pernah jatuh dari tepi Bumi. Sekarang, beberapa flat-Earthers merencanakan ekspedisi ke ujung dunia untuk mengakhiri argumen “datar atau bulat” untuk selamanya.

Baca juga  Julukan Indonesia Dimata Dunia, Ternyata Julukannya Keren

Pelayaran ini direncanakan oleh Konferensi Internasional Flat Earth (FEIC), FEIC tidak memberikan informasi tentang ekspedisi kepada publik dan melakukannya secara rahasia. (Mungkin mereka tidak ingin NASA menangkap kapal mereka ketika sampai di ujung dunia) Namun, ekspedisi tersebut bikin para ilmuwan tepok jidat, pasalnya karena kapal itu akan menggunakan peralatan seperti GPS, yang didasarkan pada model Bumi bundar.

4. Mereka Percaya Bahwa Matahari Kecil Dan Tepat Di Atas Bumi

Bumi mengalami dua ekuinoks setiap tahun, yang pertama di bulan Maret dan yang lainnya di bulan September. Matahari bersinar langsung di daerah Ekuator, menyebabkan siang dan malam memiliki durasi yang kira-kira sama. Ekuinoks dimungkinkan karena Bumi bulat dan memiliki kemiringan aksial.

Equinox membuktikan Bumi itu bulat. Tapi para FE tidak setuju. Mereka mengatakan ekuinoks ada karena Matahari tepat di atas Bumi dan mengorbit Kutub Utara, yang sebenarnya merupakan pusat dunia. FE menambahkan bahwa Matahari jauh lebih kecil dari yang kita kira.

3. FE Meluncurkan Roket Buatan Sendiri Untuk Melihat Bumi Dari Luar Angkasa

Mike Hughes ingin melakukan perjalanan ke luar angkasa sehingga ia akhirnya dapat membuktikan bahwa Bumi itu datar. Roketnya tidak sempurna dan hanya prototipe yang berfungsi. Harganya $ 20.000 dan dibangun dengan besi tua. Hughes menguji roketnya pada Maret 2018.

Baca juga  Takut Ketahuan Ibu, Gadis SMA Ini Sembunyikan HP Miliknya. Ternyata Isi Pesannya

Hughes berhasil terbang setinggi 572 meter (1.875 kaki) ke udara sebelum parasut roket keluar secara otomatis, dan ia jatuh kembali ke tanah. Hughes mendarat keras dan mengalami cedera. Namun, ia tidak mengalami kerusakan permanen dan mungkin kembali bekerja untuk membuat roketnya kembali.

2. FE lainnya Ingin Meluncurkan Satelit Ke Ruang Angkasa

Rapper Bobby Ray Simmons Jr (alias B.o.B), adalah seorang FE. Tidak seperti Hughes, yang ingin melihat Bumi dari luar angkasa, B.o.B ingin meluncurkan satelit dan mengambil gambar Bumi yang datar. Juga tidak seperti Hughes, B.o.B sedang mencoba untuk membuat satelit dari uang donasi, mungkin karena dia menyimpan uangnya sendiri untuk proyek yang lebih realistis.

Pada 21 September 2017, ia meluncurkan halaman GoFundMe, mencari $ 1 juta untuk meluncurkan satu atau lebih satelit ke luar angkasa. Halaman itu diberi nama “Show B.o.B The Curve.”

Beberapa spekulator telah menunjukkan bahwa B.o.B tidak memiliki keahlian untuk membangun satelit atau roket walaupun ia mengumpulkan uang. Ini berarti pembangunan dan peluncuran akan ditangani oleh bisnis yang percaya bahwa bumi itu bulat. Kampanye ini telah berhasil mengumpulkan $ 6.924 pada waktu artikel ini ditulis.

Baca juga  6 Benda Buatan Manusia yang Nyaris Gak Bisa Dihancurkan

1. YouTube Mengubah Orang Menjadi Flat-Earthers

Kita telah melihat peningkatan jumlah flat-Earthers belakangan ini. Sebenarnya, ada begitu banyak di luar sana sehingga mereka sekarang mengadakan konferensi tahunan. Pada 2017 dan 2018, sekelompok peneliti dari Texas Tech University penasaran dan ingin memahami mengapa terjadi kenaikan pada populasi flat-Earthers.

Para peneliti menghadiri konferensi flat-Earther setiap tahun dan mewawancarai 30 flat-Earthers. Dari 30 itu, 29 mengatakan mereka percaya bahwa bumi itu bulat sampai mereka menonton video YouTube “membuktikan” bahwa bumi itu datar. Khususnya, mereka yang menonton video konspirasi yang melibatkan 9/11 dan pendaratan di bulan ketika YouTube memutar video bumi secara datar.

Video diputar secara otomatis karena algoritma YouTube. YouTube kemudian mengklarifikasi bahwa itu akan mengurangi jumlah konten “garis batas” (yaitu, video kontroversial seperti teori Bumi yang datar dan perawatan minyak ular, yang seringkali bohong) yang direkomendasikannya kepada penggunanya. YouTube mengatakan tidak bisa melarang video flat-Earth karena mereka tidak bisa melarang konten hanya karena berita palsu.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.