Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Hidup Ratusan Tahun, Inikah 5 Hewan Yang Tidak Bisa Mati?

3 min read
Sharing is Caring

Setiap makhluk hidup pasti akan mati. Menjadi tua dan mati adalah hal yang ditakuti setiap manusia, tidak terkecuali pada hewan.

Walau demikian, ada beberapa hewan tertentu yang bisa dikatakan hidup abadi karena mereka bisa hidup puluhan hingga ratusan tahun, hal yang dapat membunuh mereka hanyalah predator alami atau lingkungan yang memang mematikan bagi mereka.

Hewan apa sajakah yang bisa hidup abadi? Mari kita simak dalam pembahasannya dibawah ini.

5. Planaria

Sebagai makhluk hidup yang sederhana, cacing pipih planaria dikenal sebagai hewan abadi dimana jika kamu membelah cacing ini menjadi dua, ia tidak akan mati dan justru dua bagian tubuh ini akan menjadi hidup lagi sebagai cacing yang berbeda.

Melalui berbagai penelitian, cacing planaria diketahui dapat mengembangkan organisme baru dari satu sel tunggalnya. Selain itu ilmuwan baru-baru ini mengetahui bahwa makhluk melata ini bisa hidup untuk waktu lama karena kemampuan meregenerasi sel secara terus-menerus.

Alhasil, tidak ada yang tahu umur pasti dari seekor cacing planaria.

Baca juga  3 Mahluk Misterius dalam Mitologi Indonesia

4. Hydra

Mahluk ini tingginya hanya sekitar 2,5 sentimeter dan mirip udang. Untuk memahami bagaiman makhluk ini bisa abadi, kita perlu memahami konsep penuaan, yang merupakan peningkatan tingkat kematian seiring dengan bertambahnya usia makhluk.

Sebagai contoh, manusia lebih cenderung meninggal semakin tua usianya. Namun, Hydra tidak mengalami peningkatan angka kematian ini.

Mereka mencapai kemampuan ini karena menggunakan tiga jenis sel punca berbeda, yang awalnya sel tidak memecah dan akhirnya dapat menjadi banyak jenis sel khusus yang berbeda.

Sel-sel induk ini secara aktif memperbarui tubuh Hydra dan dengan demikian melawan segala proses penuaan yang dapat menurunkan tingkat kematian mereka.

Dalam penelitian di laboratorium, diperkirakan 5% Hydra dapat hidup hingga 1.400 tahun menggunakan proses ini.

3. Lobster

Sering ditangkap untuk dimakan sebagai makanan lezat, hewan yang hidup didasar laut ini memiliki pertumbuhan yang tidak tentu, yang berarti mereka tidak memiliki ukuran tubuh maksimum. Akibatnya, semakin lama lobster hidup, semakin besar ukuran tubuhnya. Lobster terberat yang pernah ditangkap adalah 20 kilogram.

Baca juga  5 Perubahan Bentuk Paling Keren yang Dilakukan Oleh Hewan

Ditemukan di lepas pantai Nova Scotia. Perkiraan rentang hidup hewan-hewan ini berkisar 50 hingga 100 tahun tidak jauh berbeda dengan manusia. Tetapi hal yang menarik tentang lobster adalah bagaimana mereka menua dan mati. Mereka tidak menunjukkan kehilangan nafsu makan, dorongan seksual, energi, atau metabolisme seiring bertambahnya usia mereka.

2. Turritopsis Dohrnii (Ubur-ubur)

Bayangkan jika kita dapat memutuskan untuk membalikkan penuaan kita pada titik mana pun dalam hidup kita. Rambut kita menjadi hitam lagi, kerutan kita akan hilang, tubuh kita akan menjadi lebih kuat, dan metabolisme kita akan meningkat. Kita menjadi seperti remaja lagi dan kemudian seperti anak-anak dan, akhirnya, seperti bayi lagi.

Lalu kita akan mulai menua lagi dari awal, menjalani hidup kita untuk kedua kalinya, kedengarannya menyenangkan. Ini adalah situasi yang tepat untuk hewan Turritopsis dohrnii, si ubur-ubur abadi. Pada titik mana pun dalam hidupnya, ubur-ubur dapat membalik penuaan dalam proses yang dikenal sebagai transdifferensiasi, kembali ke bentuk awalnya, dan kemudian terus hidup dari sana. Sejauh yang kita tahu, proses ini bisa berlanjut tanpa akhir.

Baca juga  Ternyata Ada 5 Cara Paling Singkat Yang Bisa Membuat Hidupmu Abadi

1. Koloni Pohon Pando

Pando adalah koloni pohon yang tersebar di 100 hektar tanah, dan setiap pohon adalah organisme yang sama. Ini karena pohon pando bereproduksi terutama dengan menumbuhkan pohon baru dari sistem akar yang sudah ada.

Satu organisme dapat memiliki banyak batang pohon yang tumbuh keluar dari tanah. Pando memiliki 47.000 batang. Batang individu hanya bertahan selama 100 hingga 150 tahun atau lebih, tetapi Pando secara keseluruhan diperkirakan berusia setidaknya 80.000 tahun dengan perkiraan optimis pada satu juta tahun. Hutan abadi ini adalah salah satu makhluk hidup tertua dan terbesar di planet kita dan memiliki berat sekitar 6 juta kilogram.

(Visited 77 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.