Mon. Jul 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ajukan 3 Pertanyaan Ini Saat Wawancara Pekerjaan

2 min read
Sharing is Caring

Dalam setiap kesempatan wawancara kerja di perusahaan, para HRD atau personalia pasti akan memberikan kesempatan bertanya disetiap akhir wawancara. Sebelum kamu mengatakan “Tidak” dan pergi, ingatlah bahwa pertanyaanmu tidak hanya dapat meningkatkan kemungkinan kamu akan diterima tapi kamu akan mendapatkan ide apa saja yang bisa kamu harapkan ketika kamu bekerja disana.

Berikut ini adalah 3 pertanyaan yang wajib kamu tanyakan setiap akhir sesi wawancara dengan HRD

3. Bagaimana tipikal pekerjaan pegawai disana?

Pertanyaan ini sangat penting untuk mempelajari bagaimana prospektif yang bisa kamu temukan dalam tanggung jawab pekerjaan sehari-hari di perusahaan. Dengan menanyakan hal ini, kamu akan mendapatkan gambaran bagaimana hari-hari kamu bekerja dan rintangan apa saja yang harus kamu hadapi.

Baca juga  Soal Corona Di Depok, Anies: Ini Situasi Genting, Harus Kerja Cepat! Netizen Jawab Begini

Selain itu, hal ini akan menunjukan pada pihak perusahaan bahwa kamu memiliki minat untuk berkarir di perusahaan mereka.

2. Tanyakan mengenai budaya perusahaan

Budaya perusahaan adalah atmosfir emosional yang ada didalam perusahaan. Semua yang didalamnya sudah termasuk peraturan mengenai kebiasaan, komunikasi, aktivitas, motivasi, nilai dan masih banyak lagi.

Dengan menanyakan hal ini pada personalia, kamu dapat mempelajari lingkungan kerja dan memahami bagaimana kamu akan beradaptasi didalamnya.

1. Apa tahap selanjutnya setelah wawancara ini?

Setelah wawancara, biasanya kamu hanya menunggu dengan gugup untuk pengumuman. Kapan perusahaan menelpon atau mengirimkan pesan? Agar kamu tidak stress karena menunggu sesuatu yang tidak pasti, pastikan untuk menanyakan langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah wawancara.

Baca juga  5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Jika mereka berjanji untuk menelponmu, tanyakan tanggal dan berapa lama waktu panggilan. Jika ternyata masih ada tes yang harus kamu jalankan, maka pelajarilah apa saja yang perlu dipersiapkan agar kamu siap saat menghadapinya. Jangan takut untuk meminta informasi, selain hal ini akan membuatmu tidak lalai dan tentunya akan membuatmu lebih percaya diri.

Jangan lupa untuk berterima kasih kepada personalia setelah wawancara, dan ingatlah; walau kamu ditolak sekalipun, tidak seharusnya kamu jadikan alasan bersedih. Tanyakanlah pada perusahaan untuk alasan mengapa kamu ditolak – sebenarnya kamu memiliki hak secara hukum untuk mendapatkan jawaban yang jelas untuk hal ini.

Dengan sedikit ulasan ini semoga kamu dapat lebih yakin dan mengatasi kelemahan anda sebagai calon karyawan. Salam sukses

Baca juga  5 Misteri Terbesar Sejarah yang Ditinggalkan
(Visited 17 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.