Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Zat Paling Misterius yang Pernah Diciptakan Sains

2 min read
Sharing is Caring

Beberapa bahan memiliki sifat unik dan abstrak bahkan beberapa bahan bisa bereaksi sangat aneh. Alam tampaknya beroperasi dengan aturan yang ketat, di mana segala sesuatu tampaknya harus dapat diprediksi dan memiliki penjelasan yang masuk akal.

Berikut adalah 5 bahan yang benar-benar aneh yang telah ditemukan oleh para ilmuwan selama bertahun-tahun.

5. Vanta black

Vantablack adalah bahan buatan yang dikembangkan oleh Surrey NanoSystems. Lapisan ini dapat diterapkan pada banyak hal, dari cat hingga benda karbon. Ini adalah materi yang setara dengan lubang hitam yang bisa memerangkap cahaya, saking hitamnya vanta black membuat benda tiga dimensi yang dilapisi dengan material ini jadi tampak seperti benda dua dimensi karena tidak memantulkan cahaya.

Baca juga  5 Naskah Kuno ini Memiliki Rahasia Tersembunyi, Salah Satunya Ada Dalam Injil Kuno

Vanta black memegang rekor dunia untuk zat buatan paling gelap dan hitam yang bisa Anda beli. Bahan itu menyerap 99 persen dari semua cahaya yang bersentuhan dengannya.

4. Ferrofluid

Ferrofluida adalah jenis cairan yang dapat dengan mudah dibentuk menjadi bentuk aneh tanpa menyentuhnya. Seringkali cairan ini berwarna gelap, kehitaman, kemerahan, atau keabu-abuan, ferrofluid bertindak seperti cairan lain ketika mereka berada di luar dengan adanya medan magnet.

Saat cairan ferrofluid bersentuhan dengan medan magnet, mereka menjadi sangat bermagnet, berubah bentuk, menekuk, atau menarik. Mereka melakukan semua yang biasa dilakukan magnet padat, akan tetapi mereka berbentuk cairan.

3. Nitinol

Nitinol adalah nama dagang untuk titanium nikel, paduan logam dengan beberapa sifat yang sangat tidak biasa. Nitinol sering digunakan dalam industri medis, tetapi nitinol dapat digunakan untuk tujuan lain.

Baca juga  5 Hal Tak Mungkin yang Berhasil Diciptakan Sains

Yang aneh tentang logam ini adalah hampir seperti logam cair yang ditampilkan dalam film Terminator 2: Judgment Day karena logam nitinol selalu dapat kembali ke bentuk aslinya. Nitinol memiliki superelastisitas, atau memori untuk bentuk aslinya.

2. Graphne Aerogel

Graphene aerogel adalah bahan paling ringan di Bumi dan pastinya bahan padat teringan yang kita ketahui. Beratnya hanya 0,16 miligram per sentimeter kubik, hampir lebih ringan dari udara. Kepadatannya bahkan lebih rendah dari helium, meskipun sedikit lebih tinggi dari hidrogen, yang paling ringan dari semua gas.

Graphene aerogel dibuat dengan mengambil hidrogel dan mengganti isi cairan dengan udara, membuat zat 99,98 persen udara berdasarkan volume. Inilah mengapa aerogel sangat ringan karena itu kosong. Aerogel dianggap sebagai zat dengan kerapatan atom terendah dari semua zat padat.

Baca juga  5 Misteri Tertua di Dunia yang Berhasil Dipecahkan

1. Dark matter (materi gelap)

Materi gelap adalah salah satu zat yang paling sulit dipahami di alam semesta, dan itu membuatnya menjadi salah satu yang paling menarik. Materi gelap membentuk sekitar 27 persen dari alam semesta fisik. Zat itu tidak dapat dideteksi oleh cahaya.

Sebaliknya, materi gelap hanya dapat dideteksi oleh tarikan gravitasinya. Kita tahu itu materi gelap ada diluar sana, tetapi kita tidak bisa melihatnya. Jadi kita hanya bisa merasakan kehadirannya dengan menarik benda-benda lain yang bisa kita lihat.

(Visited 12 times, 1 visits today)