Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Teknologi Kuno Tapi Modern yang Belum Pernah Kamu Dengar

2 min read
Sharing is Caring

Yunani kuno dikenal sebagai peradaban dengan pemikiran paling maju dari zamannya. Kita sering mendengar nama Aristoteles dan Sokrates dalam buku sejarah dan menganggap mereka sebagai bapak ilmu pengetahuan karena pengaruh mereka yang kental pada literatur dan perkembangan pengetahuan kita saat ini. Bisa dibilang orang Yunani kuno sudah sangat maju 100 tahun pada zamannya karena mereka telah mengembangkan sistem politik modern dan matematik.

Tapi tidak hanya 2 hal ini yang patut dibanggakan dari peradaban Yunani Kuno, pencapaian mereka pada bidang permesinan patut kita apresiasi. Seperti pembuatan menara jam pertama, mesin uap, hingga menciptakan dongkrak.

Mari kita lihat beberapa contoh terhebat dari permesinan zaman Yunani Kuno :

Baca juga  Line Mengupdate Fitur Baru Seperti Instagram Stories, Begini Cara Memakainya

5. Mekanisme Antikythera

Mekanisme Antikythera merupakan sebuah komputer analog yang ditemukan pada reruntuhan kapal Yunani Kuno pada tahun 1901. Diperkirakan mekanisme ini dibuat antara tahun 205 SM hingga 60 SM, alat ini didesain untuk mengukur pergerakan langit. Pada bagian badan menunjukan ada 7 tuas yang digunakan untuk menunjuk pergerakan planet dan bulan dan alat ini memiliki mekanisme untuk melacak fase bulan, kalender, dan gerahana.

4. Kleroterion

Proses Demokrasi ternyata sudah dimulai sejak zaman Yunani kuno. Hal ini dibuktikan dengan penemuan sebuah benda inovatif yang dapat memastikan bahwa dewan pemerintah dipilih berdasarkan orang yang tidak mudah disuap atau dipilih secara acak, apa? Iya, Yunani kuno menggunakan alat pengacak yang disebut Kleroterion untuk memilih wakil rakyatnya.

Baca juga  Samsung galaxy note 10,Handphone wajib bagi para Sultan

3. Aeolipile

Aeolipile adalah mesin uap pertama di dunia – diciptakan pada abad pertama masehi, kira-kira satu setengah milenium sebelum mereka menjadi sarana umum menghasilkan listrik.

Mesin itu ditemukan oleh Heron dari Alexandria. Namun, masih tidak jelas mesin itu dimaksudkan untuk apa karena zaman dahulu belum ada kereta uap atau listrik. Sebaliknya, ia menggunakannya sebagai alat sederhana untuk menunjukkan beberapa prinsip pneumatik pada mesin.

2. Mesin Derek

Orang-orang Yunani menciptakan mesin derek sekitar 500 SM, sistem kerekan dan katrol kayu sederhana yang dapat membuat lebih praktis bangunan tinggi dan kokoh. (Teknologi ini kemudian ditingkatkan oleh orang-orang Romawi, yang menyebarkannya di sebagian besar Eropa.) Namun, orang-orang Yunani dapat dengan mudah membangun crane sendiri, seperti dibuktikan oleh Archimedes’s Claw.

Baca juga  Berikut ini Daftar Smartphone 2 Jutaan Keren Dengan Snapdragon 660

1. Menara Angin

Dibangun pada sekitar 50 SM, Menara Angin di Athena secara luas dianggap sebagai stasiun meteorologi pertama di dunia serta menara jam pertama di dunia. Pada zaman kuno, menara itu diatapi oleh baling-baling cuaca yang menunjukkan arah angin. Menara ini memiliki delapan dinding, masing-masing menghadap salah satu titik mata angin, dan menampilkan jam matahari besar yang dapat digunakan untuk melacak waktu hari. Menara itu memiliki jam air di dalam, yang dapat melacak waktu pada malam atau pada saat hari berawan.

(Visited 8 times, 1 visits today)