Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Kerugian yang Cuma Dirasakan Orang Ber-IQ Tinggi

2 min read
Sharing is Caring

Tidak mengherankan apabila orang-orang yang cerdas dapat menyelesaikan berbagai masalah kehidupan lebih baik, karena mereka dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah kehidupan jauh lebih efektif daripada seseorang dengan kecerdasan rata-rata atau di bawah rata-rata. Orang cerdas umumnya juga lebih sukses dan berpendidikan.

Namun tidak semua kelebihan adalah hal yang baik, kecerdasan tinggi pada seseorang rupanya hadir dengan serangkaian permasalahan sendiri, beberapa di antaranya bahkan mungkin mengejutkan kebanyakan orang.

Berikut ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh orang ber-IQ tinggi.

5. Tidak mau percaya dengan orang lain

Setiap kali kita berbicara tentang kepercayaan yang tidak rasional seperti percaya pada teori Bumi yang datar atau bahwa teori evolusi tidak ada. Kita mengasumsikan bahwa orang dengan kecerdasan yang lebih rendah lebih mungkin percaya dengan teori seperti ini.

Baca juga  7 Pohon Aneh yang ada di Dunia

Namun, justru sebaliknya, studi menunjukkan bahwa orang dengan kemampuan kognitif yang lebih tinggi cenderung untuk mempertahankan kepercayaan mereka pada suatu pengetahuan atau teori walau sudah disajikan dengan fakta bahwa apa yang ia percaya itu tidak benar, tidak peduli seberapa masuk akal atau tidak masuk akal pendirian mereka saat ini. Salah satu penelitian bahkan menemukan bahwa pencetus dan orang yang percaya dengan teori bumi bulat faktanya memiliki tingkat IQ yang lumayan tinggi.

4. Lebih mungkin jatuh ke perjudian

Secara mengejutkan, orang-orang pintar jauh lebih mungkin terjerumus pada perjudian daripada orang lain, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok mahasiswa Cina yang sangat cerdas.

Baca juga  Nadya Ulya Jadi Farhana Di Sinetron TOP, Ini Fakta Unik Tentangnya

Meskipun ilmuwan tidak cukup mengerti mengapa hal itu terjadi, ada kemungkinan bahwa orang-orang cerdas juga lebih kaku dalam pengambilan keputusan emosional mereka, yang tidak memungkinkan mereka untuk secara rasional memastikan kemungkinan peristiwa masa depan berdasarkan kejadian masa lalu.

3. Kewalahan jika diberi tekanan

Meskipun terdengar tidak masuk akal, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sangat cerdas cenderung hancur di bawah tekanan, terutama ketika tujuan akhirnya terkait dengan kinerja dan penghargaan. Salah satu alasannya mungkin karena mereka cenderung lebih cemas tentang hasil daripada yang lain, karena mereka terbiasa hidup lebih mengabaikan tantangan dan kurang kompetitif daripada orang lain.

2. Lebih sering merasa tidak memiliki pencapaian

Aneh, dengan asumsi bahwa setiap orang cerdas seharusnya bisa mencapai segala hal yang mereka inginkan, tapi kenyataannya tidak sama sekali. Jadi karena harapan yang tidak realistis dari diri mereka sendiri, orang yang sangat cerdas cenderung kurang puas dengan prestasi mereka, bahkan jika mereka sendiri telah melakukan pencapaian yang lebih baik dari sebagian orang.

Baca juga  Unik, NASA Temukan Ukiran Mirip Logo Star Trek di Planet Mars

1. Lebih kecil kemungkinannya melakukan hubungan seks

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang pintar jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan hubungan seks di usia yang lebih muda. Temuan ini tidak hanya berlaku bagi para para kutu buku tetepi bagi siapapun yang memiliki tingkat IQ yang tinggi dimana mereka lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan hubungan seksual saat masih remaja.

(Visited 46 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.