Sat. Oct 31st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tak Disangka, 5 Kontroversi Dunia yang Bikin Kamu Melongo

2 min read
Sharing is Caring

Untuk menemukan kebenaran dalam ilmu pengetahuan diperlukan penelitian yang ekstensif agar hasilnya logis dan bisa diterima. Akan tetapi sebagian besar teori ilmu pengetahuan saat ini masih menimbulkan kontroversi yang memicu perdebatan diantara para ahli.

Berikut ini adalah 5 kontroversi tentang teori ilmu pengetahuan yang pasti belum pernah kamu dengar sebelumnya :

5. Penyebab kepunahan dinosaurus adalah alga beracun

Kita semua tahu kalau dinosaurus punah akibat hujan meteor dari langit 65 juta tahun yang lalu. Sebagian besar ilmuwan juga menerima kebenaran teori ini.

Akan tetapi masih ada teori lain yang cukup kontroversial sampai sekarang yakni ketika para peneliti dari universitas Clemson menjelaskan bahwa para dinosaurus mengalami kepunahan massal akibat terkena racun dari alga yang mematikan.

Baca juga  5 Teori Konspirasi Mengejutkan mengenai Teknologi Alien

Teori ini masih belum bisa diterima oleh para ilmuwan karena kurangnya bukti bagaimana bisa tumbuhan alga laut bisa menyebabkan seluruh dinosaurus punah.

4. Janin didalam perut ibu ternyata memiliki ingatan

Walapun kita tidak mampu mengingat bagaimana rasanya ketika kita didalam rahim ibu, sebuah studi menunjukan bahwa janin yang berusia 30 minggu telah mengembangkan kemampuan ingatan jangka pendek.

Temuan ini cukup mengegerkan dunia sains dan mengakibatkan perdebatan sengit tentang penentangan aborsi. Namun masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui hal apa saja yang diingat oleh janin.

3. Orang yang sedang takut akan lebih peka pada suara

Salah satu penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki ketakutan berlebihan cenderung merasa suara yang ia dengan lebih dekat daripada mereka orang yang kuat.

Baca juga  Kesal Demo Tak Ditanggapi, Mahasiswa Pasangi Spanduk Warung Pecel di Gedung DPRD

Para peneliti berspekulasi bahwa hal ini merupakan salah satu kebiasaan sejak zaman leluhur dimana ketika seorang manusia merasakan takut maka dia akan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Memukul pantat mengurangi IQ

Bersumber dari penelitian dari situs livescience.com (24/09/09) yang melibatkan anak-anak dari umur 2 hingga 9 tahun dimana anak-anak yang sering di pukul pantatnya memiliki skor lebih rendah pada test IQ daripada mereka yang tidak pernah dipukul pantatnya.

Para penelitia memiliki spekulasi bahwa memukul pantat anak malah akan memberikan mereka trauma yang menyebabkan gangguan pada kemampuan berpikir mereka. Hal ini juga berlaku dengan kekerasan fisik lainnya seperti memukul anak secara langsung atau menggunakan alat.

Baca juga  5 Konspirasi Teori Terkenal yang Tak Banyak Diketahui

1. Beda ras beda kecerdasan

Pertanyaan mengenai apakah ras manusia mempengaruhi tingkat kecerdasannya merupakan salah satu teori paling kontroversial yang pernah dikemukakan.

Topik ini selalu menjadi perdebatan hangat bagi kalangan ilmuwan hingga kalangan akademisi. Teori ini ditentang dari segi bagaimana cara pengukuran tingkat kecerdasan (IQ) yang dimaksud. Sebagian besar orang percaya bahwa kecerdasan dipengaruhi oleh latar belakang ras dan sebagian lagi percaya bahwa kecerdasan dipengaruhi oleh hal lain seperti lingkungan.

(Visited 21 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.